Firmansyah, Ardy (2019) Perilaku parasosial penggemar budaya populer Korea dewasa awal / Ardy Firmansyah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Firmansyah Ardy 2019. Perilaku Parasosial Penggemar Budaya Populer Korea Dewasa Awal. Skripsi Jurusan Psikologi Fakultas Pendidikan Psikologi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Prof. Dr. Fattah Hanurawan M.Si. M.Ed. Kata Kunci Parasosial Penggemar Budaya Populer Korea Dewasa Awal Perilaku parasosial adalah perilaku hubungan interpersonal khayalan antara pemirsa dengan figur media. Penggemar budaya populer Korea adalah individu dengan antusias serta aktif mengkonsumsi menyukai mengabdikan dan mendedikasikan dirinya pada musik film drama ataupun acara televisi Korea Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan secara mendalam dan memberikan gambaran perilaku parasosial pada penggemar budaya populer Korea pada usia dewasa awal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data menggunakan wawancara observasi dokumen dan kuesioner kualitatif. Teknik analisis data menggunakan analisis tematik. Sumber data dalam penelitian ini adalah enam penggemar budaya populer Korea dengan yang memasuki tahap dewasa awal dengan rentangan usia 20 28 tahun. Kriteria yang digunakan sebagai pertimbangan untuk peneliti mendapatkan partisipan adalah individu yang sudah memasuki rentangan usia dewasa awal menyukai budaya populer Korea serta aktif menggunakan media untuk melihat acara televisi drama film ataupun musik dari budaya populer Korea. Berdasarkan analisis data yang sudah di lakukan diperoleh kesimpulan bahwa keenam partisipan memiliki perilaku parasosial dengan figur media yang disukainya. Hal tersebut didasari melalui intensitas para partisipan dalam mengakses media untuk mencari konten ataupun informasi yang berkaitan dengan budaya populer Korea terutama selebriti idola mereka. Selain itu semua partisipan menganggap perilaku parasosial dengan figur media baik selebriti ataupun konten budaya populer Korea dianggap sebagai fasilitas menghibur diri dan bahan pembicaraan ketika berinteraksi di lingkungan. Perilaku parasosial penggemar budaya populer Korea dewasa awal pada keenam partisipan membantu mereka pada tahap krisis psikososial yakni intimacy vs isolation. Perasaan intimasi yang mereka dapatkan dengan mengkonsumsi media untuk mendapatkan hiburan dari budaya populer Korea terutama aktivitas selebriti idolanya berguna menghilangkan beban setelah melakukan rutinitas sehari-hari sebagai mahasiswa karyawan dan ibu rumah tangga.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Aug 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/172239 |
Actions (login required)
View Item |