Pratama, Ahmad Yogi Pratama (2021) pengaruh hardiness terhadap stres sekolah pada siswa kelas viii smpn 1 ngunut kabupaten tulungagung / ahmad yogi pratama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sekolah unggulan umumnya memiliki banyak tuntutan terhadap siswanya baik tuntutan akademik maupun non-akademik termasuk di SMPN 1 Ngunut. Berbagai tuntutan ini rentan menimbulkan ketegangan emosional pada siswanya yang biasa disebut stress sekolah. Salah satu faktor yang dianggap dapat membantu siswa mengelola stres sekolah adalah faktor kepribadian siswa seperti hardiness. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh hardiness terhadap stress sekolah pada siswa kelas VIII di SMPN 1 Ngunut. Populasi penelitian ini sejumlah 357 dengan sampel berjumlah 192 siswa diperoleh dengan teknik sampling simple random sampling. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur yaitu Skala Stress sekolah ( alpha 0 915) dan Skala hardiness ( alpha 0 919.Hasil analisis regresi linier menunjukkan bahwa hardiness memiliki pengaruh yang signifikan terhadap stres sekolah (p lt 0 05). Hardiness siswa mempengaruhi stress sekolah sebesar 44 6 persen (Rsquare 44.6%). Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan oleh peneliti untuk memberikan bekal pelatihan ketangguhan pada siswa saat masa orientasi siswa baru. Sekolah dalam hal ini guru juga dapat menjadi pemberi dukungan sosial bukan sebagai pemberi instruksi saja untuk siswa mengembangkan potensi yang mereka miliki serta menjalin hubungan yang baik dengan orang tua siswa.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/172170 |
Actions (login required)
View Item |