Choirilla, Nurul (2020) Efektivitas focus group discussion sebagai upaya meningkatkan self esteem pada anak marginal di Kota Malang / Nurul Choirilla. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Keberadaan anak marginal kerap kali dikaitkan dengan permasalahan ekonomi dan kesejahteraan keluarga karena anak marginal mempunyai hambatan dalam melaksanakan fungsi sosialnya dengan baik. Permasalahan yang umum terjadi pada anak marginal yaitu masyarakat kerapkali mewaspadai keberadaan anak marginal karena menganggap anak marginal berpeluang melakukan tindakan kriminal. Dengan situasi tersebut anak akan mengalami keterpurukan dan mengalami penurunan harga diri sebagai anak marginal. Salah satu cara agar anak-anak dari resiko tersebut tetap dapat bertahan adalah dengan memiliki kemampuan resisliensi yang baik yaitu self esteem. Self esteem pada anak marginal penting untuk penerimaan diri tanpa syarat dan memunculkan perasaan layak menjalani hidup. Salah satu yang dapat dilakukan untuk mengetahui persepsi pendapat sikap dan motivasi anak marginal yaitu melalui focus group dicsussion. Focus group discussion dapat membantu meningkatkan self esteem dengan cara saling berkomunikasi mengeluarkan pendapat dan membahas topik yang berkaitan dengan self esteem sehingga pesertanya dapat memperoleh pendapat atau solusi untuk sikap dan perilaku positif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh focus group discussion terhadap self esteem pada anak marginal. Rancangan penelitian yang digunakan adalah quasi experiment dengan model one-group pretest-postest design. Jumlah subjek dalam penelitian ini didapatkan sebanyak 6 anak marginal yang dibina oleh komunitas SSCM (Save Street Child Malang). Subjek dalam penelitian ini adalah anak marginal yang memiliki self esteem rendah dan sangat rendah. Instrumen yang digunakan berupa skala Coopersmith Self Esteem Inventory-School Form sejumlah 22 aitem valid yang menggunakan tryout terpakai dan memiliki indeks reliabilitas 0 876. Selain itu digunakan panduan focus group discussion sebagai acuan dalam perlakuan. Peneliti telah melakukan validasi ahli terlebih dahulu terkait dengan penggunaan metode focus group discussion. Hasil penelitian menggunakan analisis uji beda non-parametrik wilcoxon signed rank test menunjukan bahwa nilai signifikansi adalah sebesar 0 026 lt 0 05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh focus group discussion terhadap self esteem anak marginal. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk anak marginal yang memiliki self esteem rendah. Diharapkan anak marginal dengan self esteem rendah dapat menerapkan hasil focus group discussion dalam kehidupan sehari-hari. Selian itu penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat untuk keluarga anak marginal lembaga sosial dan peneliti selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran L Education > L Education (General) > LMO Model Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Psikologi (FPsi) > Departemen Psikologi (PSi) > S1 Psikologi |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 03 Feb 2020 04:29 |
Last Modified: | 20 Dec 2022 02:38 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/172076 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |