Handayani, Izmi (2013) Pengembangan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi diagram Venn untuk siswa kelas VII SMP / Izmi Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Handayani Izmi. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Komputer Pada Materi Diagram Venn Untuk Siswa Kelas VII SMP. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ipung Yuwono M.S M.Sc (II) Dra. Mimiep S. Madja M.Kom. Kata kunci Media pembelajaran Valid Praktis Efektif Diagram Venn Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pengembangan dan menghasilkan media pembelajaran berbantuan komputer pada materi diagram Venn untuk siswa kelas VII SMP yang valid praktis dan efektif. Validitas dipenuhi jika media pembelajaran yang dikembangkan memenuhi validitas isi dan konstruk. Kepraktisan dipenuhi jika media pembelajaran yang dikembangkan mudah bagi guru dan siswa untuk melaksanakannya dan sesuai dengan tujuan. Efektivitas dipenuhi jika didapatkan rata-rata pengerjaan soal evaluasi yang diberikan mencapai skor minimal keefektifan dan adanya respon positif siswa yang ditunjukkan dari angket. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini diantaranya adalah menentu-kan kebutuhan dan tujuan mengumpulkan referensi mempelajari isi perancangan awal perancangan dan pembuatan diagram alir media perancangan dan pembuatan struktur media pembuatan storyboard media pembuatan media membuat bahan pendukung evaluasi dan revisi media. Penelitian ini menghasilkan suatu media pembelajaran komputer pada materi diagram Venn. Software utama yang digunakan adalah Macromedia Flash 8 dan software pendukung seperti Audacity Joboshare Video Converter dan Xara Webstyle 3.0. Produk yang dihasilkan pada penelitian ini telah memenuhi kriteria valid praktis dan efektif. Kevalidan diperoleh dari hasil validasi oleh para ahli. Persentase kevalidan yang didapat dari ahli media sebesar 68 75% yang artinya media cukup valid dan perlu sedikit revisi. Sedangkan dari ahli materi diperoleh persentase sebesar 94 64% yang artinya media telah valid dan tidak perlu revisi. Kepraktisan diperoleh dari uji coba produk pada siswa yang menghasilkan nilai akhir kepraktisan sebesar 3 65 yang artinya media tergolong dalam kriteria praktis dan tidak perlu revisi. Keefektifan diperoleh dari persentase rata-rata pengerjaan soal evaluasi siswa sebesar 78% sehingga tidak perlu revisi dan 8805 50 % dari seluruh butir pernyataan termasuk dalam kategori sangat kuat sehingga respon siswa dikatakan positif. Saran dari penelitian ini adalah agar guru dapat menggunakan produk ini sebgai referensi media pembelajaran dan siswa dapat menggunakannya sebagai alternatif pembelajaran materi diagram Venn secara mandiri. Sedangkan bagi peneliti lain dapat mengembangkan dari sisi pembuatan media agar lebih menarik lagi atau mengembangkan media serupa untuk materi yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 24 Jun 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/17180 |
Actions (login required)
View Item |