Perbedaan hasil belajar persmaan garis lurus siswa kelas VIII dengan problem posing dan tanpa problem posing di SMP Muhammadiyah I Malang / Rika Wahyu Saputri - Repositori Universitas Negeri Malang

Perbedaan hasil belajar persmaan garis lurus siswa kelas VIII dengan problem posing dan tanpa problem posing di SMP Muhammadiyah I Malang / Rika Wahyu Saputri

Rika Wahyu (2010) Perbedaan hasil belajar persmaan garis lurus siswa kelas VIII dengan problem posing dan tanpa problem posing di SMP Muhammadiyah I Malang / Rika Wahyu Saputri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Saputri Rika Wahyu. 2009. Perbedaan Hasil Belajar Persamaan Garis Lurus Siswa Kelas VIII dengan Problem Posing dan Tanpa Problem Posing di SMP Muhammadiyah I Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Ir. H Herutomo M. Pd (II) Indriati Nurul Hidayah S.Pd M.Si. Kata kunci hasil belajar problem posing. Berdasarkan keterangan dari kepala sekolah SMP Muhammadiyah yang juga mengajar mata pelajaran matematika hasil belajar siswa SMP Muhammadiyah I Malang rendah terutama matematika. Namun berdasarkan pengamatan peneliti siswa hanya diberi rumus-rumus matematika dan contoh penggunaan rumus-rumus tersebut. Ini berarti guru mengajarkan prosedur tanpa menjelaskan mengapa prosedur tersebut digunakan. Proses pembelajaran matematika penting untuk memilih metode yang tepat agar siswa memahami mengapa suatu prosedur digunakan untuk menyelesaikan suatu soal salah satu metode tersebut adalah dengan problem posing. Problem posing adalah suatu metode yang meminta siswa untuk mengajukan soal dengan demikian siswa diberi kebebasan berpikir yang berarti melatih kreativitas siswa. Siswa dalam pembelajaran problem posing tidak hanya sekedar membuat soal saja namun diharapkan mampu menyelesaikan soal yang telah dibuatnya. Penelitian ini dilakukan di SMP Muhammadiyah I Malang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian dengan pendekatan kuantitatif jenis eksperimen semu. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah I Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas VIII dengan problem posing di SMP Muhammadiyah I Malang lebih tinggi daripada hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas VIII tanpa problem posing di SMP Muhammadiyah I Malang. Data Hasil belajar diperoleh dari tes hasil belajar pada pokok bahasan persamaan garis lurus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas VIII dengan problem posing di SMP Muhammadiyah I Malang lebih tinggi daripada hasil belajar persamaan garis lurus siswa kelas VIII tanpa problem posing di SMP Muhammadiyah I Malang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16397

Actions (login required)

View Item View Item