Pengaruh literasi digital dan literasi kewarganegaraan terhadap tingkat ketahanan pribadi siswa smk di kota malang / Mohammad Ridwan Saidi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengaruh literasi digital dan literasi kewarganegaraan terhadap tingkat ketahanan pribadi siswa smk di kota malang / Mohammad Ridwan Saidi

Saidi, Mohammad Ridwan Saidi (2021) Pengaruh literasi digital dan literasi kewarganegaraan terhadap tingkat ketahanan pribadi siswa smk di kota malang / Mohammad Ridwan Saidi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Saidi Mohammad Ridwan. 2021. Pengaruh Literasi Digital dan Literasi Kewargaenaraan terhadap Ketahanan Pribadi Siswa SMK di Kota Malang. Tesis Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Program Magister Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. Supriyono M.Pd. (2) Dr. A. Rosyid Al-Atok M.Pd. M.H. Kata Kunci Literasi Digital Kewarganegaraan Ketahanan Pribadi Siswa SMK Kota Malang dijuluki sebagai Kota Pendidikan yang mengalami praktik perkembangan zaman di kehidupan abad ke-21. Hal tersebut menuntut berbagai kecakapan hidup yang harus dimiliki oleh seorang siswa tingkat menengah atas terutama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang berada di lingkup Kota malang. Selain mencetak lulusan yang siap bekerja dengan program keahlian yang ditekuninya SMK juga diharapkan mampu mempersiapkan siswa untuk memiliki kualitas pribadi yang mantap sebagai bekal menghadapi praktik kerja di abad ke-21 ini. Salah satu usaha dalam mewujudkan hal tersebut yaitu siswa harus memiliki keuletan ketangguhan dan kemampuan dalam mengembangkan kekuatan diri menghadapi ancaman tantangan hambatan dan gangguan yang datang dari dalam maupun luar dirinya yang selanjutnya disebut sebagai ketahanan pribadi. Tingginya tingkat ketahanan pribadi siswa dipengaruhi oleh literasi digital dan literasi kewarganegaraan. Tujuan penelitian ini adalah untuk meneleiti pengaruh literasi digital terhadap tingkat ketahanan pribadi siswa SMK. Tujuan selanjutnya yaitu untuk meneliti pengaruh literasi kewarganegaraan terhadap tingkat ketahanan pribadi siswa SMK. Dan yang terakhir yaitu bertujuan untuk meneliti pengaruh literasi digital dan literasi kewarganegaraan terhadap tingkat ketahanan pribadi siswa SMK serta data lain yang dapat memberikan kontribusi terhadap peningkatan ketahanan pribadi siswa SMK. Penelitian ini dilaksanakan di SMK yang berstatus negeri di Kota Malang dengan pendekatan kuantitatif berupa analisis regresi linier berganda dan untuk memperkaya temuan penelitian digunakan analisis deskriptif dan varian. Penentuan responden menggunakan dua teknik sampling (multistage random sampling) yaitu cluster sampling dan proportional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 313 siswa. Instrumen penelitian menggunakan angket. Pengumpulan data menggunakan angket tertutup dengan bantuan google form berdasarkan instrumen yang telah diuji validitas dan realibilitasnya. Hasil penelitian melalui uji hipotesis menyatakan bahwa literasi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat ketahanan pribadi. Selanjutnya uji hipotesis literasi kewarganegaraan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat ketahanan pribadi. Hasil uji hipotesis keduanya berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat ketahanan pribadi dengan besaran pengaruh sebanyak 72.8% dan termasuk dalam kategori sangat tinggi. Temuan penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa kecakapan siswa dalam mengelola informasi digital dan kecakapan kognitif dalam sebuah literasi kewarganegaraan mempengaruhi ketangguhan dan keuletan sebagai inikator dari ketahanan pribadi siswa. Saran yang diberikan berdasarkan hasil penelitian ini yaitu siswa SMKN di Kota Malang diharapkan mengkuti kegiatan pelatihan dan pendidikan maupun seminar yang berkaitan untuk meningkatkan literasi digital kemudian mengadakan praktik kunjungan ke kantor kelurahan kecamatan DPRD kantor polisi serta kantor administrasi negara lainnya untuk meningkatkan literasi kewarganegaraan. Kepala sekolah dan guru SMKN di Kota Malang harus mampu berkolaborasi dalam menciptakan berbagai macam kemampuan dan keterampilan yang menunjang ketahanan pribadi siswa sebagai bekal kehidupan di masa mendatang.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial (FIS) > Departemen Hukum dan Kewarganegaraan (HKn) > S2 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn)
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/162061

Actions (login required)

View Item View Item