Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar berciri agama Islam di Kota Banjarmasin (studi multi kasus pada SD Islam Terpadu Ukhuwah, SD Islam Sabilal Muhtadin dan SD Muhammadiyah 10) / Ahmad Yasser Noor Hafidz - Repositori Universitas Negeri Malang

Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar berciri agama Islam di Kota Banjarmasin (studi multi kasus pada SD Islam Terpadu Ukhuwah, SD Islam Sabilal Muhtadin dan SD Muhammadiyah 10) / Ahmad Yasser Noor Hafidz

Hafidz, Ahmad Yasser Noor (2019) Kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar berciri agama Islam di Kota Banjarmasin (studi multi kasus pada SD Islam Terpadu Ukhuwah, SD Islam Sabilal Muhtadin dan SD Muhammadiyah 10) / Ahmad Yasser Noor Hafidz. Doctoral thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Noor Hafidz Ahmad Yasser. 2018. Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah Dasar Berciri Agama Islam di Kota Banjarmasin (Studi Multi Kasus pada Sekolah Dasar Islam Terpadu Ukhuwah Sekolah Dasar Muhammadiyah 10 dan Sekolah Dasar Islam Sabilal Muhtadin). Disertasi Program Studi Manajemen Pendidikan Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. H. Ali Imron M.Pd M.Si (II) Prof. Dr. H. Bambang Budi Wiyono M.Pd dan (III) Prof. Drs. H. Ahmad Suriansyah M.Pd Ph.D Kata kunci Kepemimpinan Transformasional Kepala Sekolah sekolah dasar berciri agama Islam Sekolah tumbuh dan berkembang dari oleh dan untuk masyarakat sehingga sekolah merupakan sistem pendidikan berbasis masyarakat (community based education). Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 ayat 2 yang menyatakan bahwa pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yang berakar pada nilai-nilai agama kebudayaan nasional Indonesia dan tanggap terhadap tuntutan perubahan zaman. Kepemimpinan lembaga pendidikan berbasis nilai menjadi hal yang sangat penting untuk ditanamkan yang seiring dengan perkembangan zaman dan fenomena adanya degradasi moral peserta didik sebagai penerus estapet generasi muda bangsa Indonesia. Kualitas kepemimpinan sangat mempengaruhi tercapainya tujuan sekolah. Kepalah sekolah dalam hal ini sebagai pemimpin formal dan faktual sebuah sekolah harus mampu untuk mengkolaborasi dan mensinergikan komponen-komponen sekolah seperti guru murid dan karyawan sekolah yang lain. Berdasarkan hasil studi pendahuluan terdapat persamaan dan perbedaan pada kepemimpinan transformasional kepala sekolah berciri agama Islam yang dapat dilihat pada aspek internal dan aspek eksternal yang sekaligus harus dimiliki oleh seorang pemimpin Fokus penelitian (1) nilai-nilai transformasional kepemimpinan kepala sekolah dasar berciri agama Islam (2) Implementasi nilai Transformasional kepala sekolah dasar berciri agama Islam (3) Faktor pendukung dan penghambat kepemimpinan transformasional kepala sekolah dasar berciri agama Islam. Tujuan penelitian mendeskripsikan secara mendalam dan menganalisis secara rinci tentang kepemimpinan kepala sekolah dasar berciri khas Islam (1) mendeskripsikan secara mendalam dan menganalisis secara rinci tentang nilai- nilai kepemimpinan dalam pengelolaan pendidikan (2) mendeskripsikan secara mendalam dan menganalisis secara rinci tentang sumber inspirasi kepemimpinan pada pengelolaan pendidikan (3) mendeskripsikan secara mendalam dan menganalisis secara rinci tentang model kepemimpinan pengelolaan pendidikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif jenis fenomenologi dengan rancangan studi multikasus dan metode komparatif konstan. Data dikumpulkan dengan menggunakan wawancara mendalam observasi berperan serta dan teknik dokumentasi. Informan dipilih dengan menggunakan teknik purposif yang dipadukan dengan teknik snowball sampling. Informan kunci dalam penelitian ini adalah kepala sekolah pada ketiga latar. Data yang terkumpul melalui berbagai teknik tersebut diperiksa dan dilakukan reduksi data penyajian data dan verifikasi data. Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan kredibilitas transferabilitas dependabilitas dan konfirmabilitas. Begitu data secara keseluruhan selesai diperiksa data yang terkumpul dianalisis dengan analisis kasus tunggal dan analisis lintas kasus. Melalui penelitian ini diperoleh temuan-temuan penelitian sebagai berikut pertama kepemimpinan kepala sekolah dasar berciri agama Islam dengan menemukan nilai-nilai kepemimpinan transformasional kepala sekolah yang pada umumnya yang bersumber dari nilai aqidah syariah dan akhlak kedua proses kepemimpinan kepala sekolah dasar berciri khas Islam dalam penerapan kepemimpinan banyak terinspirasi dari tokoh - tokoh agama maupun tokoh tokoh nasional ketiga ditemukan kondisi kepemimpinan secara teoritik lebih mendekati dengan model kepemimpinan transformasional dengan kepemimpin yang visioner untuk menciptakan perubahan ke arah yang lebih baik. Karena pada implementasinya kepala sekolah memiliki orientasi visi yang jauh ke depan dalam rangka memajukan sekolah yang dipimpinnya menghasilkan output yang sesuai dengan tuntutan zaman yang semakin kompleks. Berdasarkan temuan-temuan disarankan kepada (1) kepala sekolah agar memahami lebih jauh tentang nilai-nilai kepemimpinan yang lebih kompleks (2) guru-guru agar terus mendalami peran-peran strategis dalam implementasi kepemimpinan kepala sekolah untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan (3) tim pengembang sekolah kiranya terus mengembangkan nilai-nilai dan inspirasi kepemimpinan dan bekerja dengan sungguh-sungguh sesuai standar akuntabilitas pendidikan (SAP) (4) pemerintah daerah memberi dukungan dan komitmen untuk memberdayakan pengembangan kepemimpinan kepala sekolah (5) agen perubahan internal dan eksternal meningkatkan layanan dengan mencari informasi-informasi dan prosedur-prosedur baru bagi kemudahan pengelolaan dan pengembangan sekolah dan (6) dilakukan penelitian lanjut dengan mengembangkan fokus dan memilih kasus/Kasus lain untuk membangun teori pengembangan sekolah khususnya tentang kepemimpinan kepala sekolah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S3 Manajemen Pendidikan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161969

Actions (login required)

View Item View Item