pembelajaran dengan pemodelan untuk meningkatkan pemahaman konsep gelombang pada siswa smp modern al rifa'i kelas viii / ghany firman nur fauzi - Repositori Universitas Negeri Malang

pembelajaran dengan pemodelan untuk meningkatkan pemahaman konsep gelombang pada siswa smp modern al rifa'i kelas viii / ghany firman nur fauzi

Fauzi, Ghany Firman Nur Fauzi (2021) pembelajaran dengan pemodelan untuk meningkatkan pemahaman konsep gelombang pada siswa smp modern al rifa'i kelas viii / ghany firman nur fauzi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ilmu pengetahuan dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari untuk memenuhi kebutuhan manusia dengan memecahkan masalah yang dapat diidentifikasi. Kemampuan disiplin ilmu yang harus dimiliki siswa sekolah menengah pertama adalah pemahaman konsep dan prinsip IPA serta keterampilan untuk pemecahan masalah. Gelombang merupakan salah satu materi kelas VIII SMP yang penting untuk dikuasai dan dipahami dengan baik. Dengan memahami konsep materi ini dengan baik maka akan sangat membantu siswa dalam mempelajari materi bunyi cahaya listrik dan magnet. Siswa sering mengalami kesulitan dalam memahami konsep untuk itu dibutuhkan desain pembelajaran yang tepat untuk mengatasi kesulitan tersebut. Desain pembelajaran yang dimaksud adalah pembelajaran dengan pemodelan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep siswa pada materi getaran gelombang dan bunyi. Penelitian ini menggunakan mixed method jenis embedded experimental design. Analisis statistik dilakukan pada data kuantitatif untuk mengetahui efektifitas pembelajaran dengan pemodelan terhadap pemahaman konsep siswa. Pemahaman konsep siswa dianalisis berdasarkan hasil pretest dan posttest kelas eksperimen dan kelas kontrol menggunakan ANACOVA. Instrument yang digunakan adalah soal pilihan ganda yang sudah divalidasi dan nilai reliabilitas alpha cronbach adalah 0 833. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP Modern Al Rifa'i tahun pelajaran 2020/2021. Teknik penetapan subyek pada penelitian ini dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan pemodelan (Modelling Instruction) dapat meningkatkan pemahaman konsep siswa pada materi getaran gelombang dan bunyi dengan perbedaan yang signifikan kelas yang menerapkan Pembelajaran dengan pemodelan (Modelling Instruction) dengan kelas yang tidak menerapkan Pembelajaran dengan pemodelan (Modelling Instruction). Hal itu berarti pembelajaran dengan pemodelan (Modelling Instruction) ini sangat efektif digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep gelombang pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 13 Aug 2021 04:29
Last Modified: 15 May 2023 04:10
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161942

Actions (login required)

View Item View Item