Meda Yusika (2021) pengembangan bahan ajar berbasis nilai karakter pada relief monumen simpang lima gumul kediri untuk siswa kelas iv sekolah dasar / meda yusika. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Yusika Meda. 2020. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Nilai Karakter Pada Relief Monumen Simpang Lima Gumul Kediri Kelas IV Sekolah Dasar. Tesis Program Studi Pendidikan Dasar Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Sudarmiatin M.Si. (II) Dr. A. Rosyid Al Atok M.Pd M.H Kata Kunci Bahan Ajar Nilai Karakter Relief Monumen Simpang Lima Gumul Monumen Simpang Lima Gumul (SLG) adalah bangunan yang menjadi ikon Kabupaten Kediri. Keberadaan Monumen Simpang Lima Gumul Kediri dapat dijadikan sumber pembelajaran yang efektif bagi siswa di sekolah. Namun selama ini guru belum memaksimalkan potensi yang ada di lingungan sekitar sekolah. Dengan demikian dibutuhkan bahan ajar berbasis nilai karakter pada relief Monumen Simpang Lima Gumul Kediri. Dengan adanya bahan ajar dapat memudahkan guru dalam memberikan penjelasan kepada siswa mengenai contoh-contoh keberagaman budaya secara nyata sehingga tercipta pembelajaran yang bermakna. Tujuan dari penelitian ini yakni mengembangkan bahan ajar berbasis nilai karakter pada relief Monumen Simpang Lima Gumul Kediri kelas IV Sekolah Dasar. Bahan ajar terdiri dari buku siswa dan buku guru. Selain itu untuk menguji kelayakan dan keefektifan bahan ajar dan kepraktisan bahan ajar melalui uji validasi ahli dan uji coba lapangan. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembangan Research and Development (R amp D). Prosedur penelitian dan pengembangan ini meliputi pendefenisian perencanaan pengembangan dan penyebaran. Produk yang telah dilakukan validasi ahli materi desain dan bahansa untuk mengetahui apakah produk yang dikembangkan layak untuk digunakan. Jenis data analisis bersifat kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengisian angket lembar observasi dan tes. Rangkaian uji keefektifan produk dilakukan dengan uji hipotesis. Penelitian ini menghasilkan produk yang valid dan dapat digunakan. Persentase hasil validasi ahli materi terhadap buku siswa sebesar 97% dan buku guru 98%. Persentase hasil validasi ahli desain pada buku siswa sebesar 97% dan buku guru 97%. Sedangkan hasil validasi bahasa buku siswa sebesar 96% dan buku guru 96%. Keefektifan produk yang dikembangkan berdasarkan uji coba kelompok kecil sebesar 93%. Kepraktisan produk yang dikembangakan berdasarkan uji coba kelompok kecil yaitu 98%. Sedangkan keefektifan produk uji coba lapangan diperoleh dari hasil observasi aktivitas siswa sebesar 94%. Dan hasil posttest menunjukan 8% siswa berkemampuan baik dan 92% siswa berkempuan sangat baik. Hasil Paired Sample Test nmenunjukan angka 0 000 le 0 050. Artinya bahwah hipotesis telah diterima dan hasil uji t menggunakan paired sample test ini adalah Hipotesis H2. Nilai signifikansi dalam uji t menujukan bahwa terjadi perubahan nilai terjadi ketika proses belajar mengajar dengan menggunakan bahan ajar berbasis nilai karakter pada relief Monumen Simpang Lima Gumul Kediri Kelas IV Sekolah Dasar. Berdasarkan serangkaian pengujian yang dilakukan produk dinyatakan telah memenuhi kriteria dan persyaratan untuk digunakan di lapangan sebagai buku penunjang.Saran untuk peneliti selanjutnya bahan ajar budaya lokal bisa berbentuk tekhnologi informasi. Penelitian dapat dikembangkan lebih lanjut pada 5 subtema untuk membantu siswa dan guru didalam pembelajaran agar lebih efektif dan maksimal.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/161927 |
Actions (login required)
View Item |