pengembangan multimedia interaktif “petualangan si meti” moda daring untuk meningkatkan hasil belajar materi ipa peserta didik kelas iii di sekolah dasar / siti hamidah - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan multimedia interaktif “petualangan si meti” moda daring untuk meningkatkan hasil belajar materi ipa peserta didik kelas iii di sekolah dasar / siti hamidah

Siti Hamidah (2021) pengembangan multimedia interaktif “petualangan si meti” moda daring untuk meningkatkan hasil belajar materi ipa peserta didik kelas iii di sekolah dasar / siti hamidah. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Hamidah Siti. 2021. Pengembangan Multimedia Interaktif ldquo Petualangan si Meti rdquo Moda Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi IPA Peserta Didik Kelas III di Sekolah Dasar. Tesis. Jurusan Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. I Wayan Dasna M.Si M. Ed Ph.D. (II) Dr. Hary Suswanto S.T. M.T. Kata Kunci Multimedia Interaktif Hasil Belajar Pembelajaran Daring Pandemi Covid-19 memberikan dampak bagi pendidikan di Indonesia. Pembelajaran yang semula dilaksanakan melalui tatap muka sejak 16 Maret 2020 dialihkan menjadi pembelajaran daring. Melalui wa guru mengirimkan media seperti power pint atau video sebagai media pembelajaran. Namun Pembelajaran di masa awal pandemi mengalami problematika yaitu turunnya nilai siswa siswa bosan dengan media yang sama hasil belajar siswa tidak terekam dengan sistematis dan media memiliki ukuran file yang besar. Media yang dikembangkan selama ini juga belum sesuai dengan karakteristik peserta didik SD. oleh karena itu peneliti mengembangkan multimedia interaktif Petualangan si Meti moda daring untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IIIA SDN Model Kota Malang. Adapun tujuan penelitian dan pengembangan ini ada 3 yaitu (1) Mendeskripsikan hasil pengembangan Multimedia Interaktif Petualangan si Meti moda daring pada siswa Kelas IIIA SDN Model Kota Malang (2) Mengetahui hasil validitas kemenarikan dan kepraktisan pengembangan multimedia interaktif Petualangan si Meti (3) Mengetahui efektifitas dan efisiensi hasil implementasi pengembangan media pembelajaran moda daring melalui Pendekatan Petualangan si Meti di kelas IIIA SDN Model Kota Malang. Model pengembangan 4-D Thiagarajan yang terdiri dari define design develope disseminate digunakan dalam proses penelitian dan pengembangan media ini. Peneliti hanya melakukan tiga tahap dalam penelitian dan pengembangan ini mengidentifikasi merancang dan mengembangkan. Karena kurangnya waktu dan perhatian penelitian maka tahap diseminasi tidak dilakukan. Media divalidasi oleh 2 orang validator yang memiliki kompetensi bahan ajar dan penguasaan isi mata pelajaran. Media tersebut diujicobakan kepada 26 siswa kelas III SDN Model Kota Malang untuk mengukur keefektifan penerapan media. Berdasarkan hasil penelitian telah berhasil dikembangkan Multimedia Interaktif Petualangan si Meti yang terdiri atas Petualangan si Meti level 1 level 2 level 3 dan level 4 dimana setiap level terdapat 4 gerbang yaitu gerbang berdoa gerbang pengetahuan gerbang permainan dan gerbang penilaian. Berdasarkan hasil uji validitas uji kemenarikan dan kepraktisan media Petualangan si Meti dinyatakan valid menarik dan praktis. Hasil validitas media menunjukkan 89 5% dengan kriteria sangat valid 96 3% dengan kriteria sangat menarik dan 93 9% dengan kriteria sangat praktis. Hasil efektifitas dan efisiensi implementasi multimedia interaktif Petualangan si Meti menunjukkan hasil perbandingan nilai PAT 72 dengan hasil post test melalui Petualangan si Meti sebesar 97 dengan kriteria sangat efektif dan adanya perbedaan antara nilai pre test dan post test dengan nilai sign. sebesar 0 666 menunjukkan sangat efisien

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Sekolah Pascasarjana(PS) > S2 Pendidikan Dasar
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161924

Actions (login required)

View Item View Item