pengembangan media pembelajaran statistika berbasis blended learning untuk mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi fik-um / dedit setia sandi ardi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan media pembelajaran statistika berbasis blended learning untuk mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi fik-um / dedit setia sandi ardi

Dedit Setia Sandi Ardi (2021) pengembangan media pembelajaran statistika berbasis blended learning untuk mahasiswa pendidikan jasmani, kesehatan dan rekreasi fik-um / dedit setia sandi ardi. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Statistika adalah salah satu cabang ilmu matematika yang digunakan untuk mengolah data. Dalam dunia olahraga dan pendidikan olahraga pengolahan data menjadi suatu hal yang penting. Untuk itu seharusnya dalam proses pembelajaran statistika dibuat semenarik mungkin dan sumber belajar yang bervariasi untuk menambah motivasi belajar mahasiswa. Sedangkan dalam pembelajaran statistika masih didominasi dengan penggunaan metode pembelajaran tatap muka dan minimnya sumber belajar mahasiswa hal ini menyebabkan kurangnya minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu penting untuk mengambangkan media pembelajaan statistika berbasis blended learning dimana dengan menggunakan metode blended learning ini dapat menambah variasi dalam pembelajaran statistika. Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan produk pembelajaran matakuliah statistika berbasis blended learning (tataptmuka offline online) denganttujuan mengembangkan multimedia interaktif pada pembelajaran offline serta penggunaan google clasroom padatpembelajaran online serta menguji keefektifan efisiensi dan daya tarik dari produk yang dikembangkan. Model penelitian yang digunakan adalah model konseptual yaitu model rancangan pembelajaran berbasis blended learning yang terdiri dari sembilan langkah yakni analisis kebutuhan identifikasi sumber dan kendala identifikasi karakteristik pebelajar menetapkan tujuan pembelajaran memilih dan menetapkan strategi pembelajaran mengembangkan sumber belajar uji coba produk revisi dan menghasilkan sebuah prototipe rancangan pembelajaran statistika berbasis blended learning.Setalah melalui kesembilan langkah tersebut dilakukan uji efektifitas efisiensi dan kemenarkan dari produk media pembelajaran statistika berbasis blended learning. Hasil dari penelitian ini menghasilkan tiga produk pembelajaran matakuliah statistika berupa buku ajar statistika berbasis blended learning multimedia interaktif pembelajaran statistika yang dikemas menggunakan autoplay media studio 8 dan penggunaan jejaring google classroom sebagai media pembelajaran online. Dari proses pengumpulan dan analisis data dapat disimpulkan bahwa dengan menggunakan dan menerapkan produk pengembangan pada matakuliah statistika berbasis blended learning dapat mengalami perkembangan dan peningkatan selama proses perlakuan yang diberikan terdiri dari aspek efektifitas efisiensi dan daya tarik pebelajar. Kemudian untuk pengembangan lebih lanjut mengenai media pembelajaran statistika berbasis blended learning ini yaitu perlunya untuk menambah bahan materi selain yang sudah dibahas dalam media pembelajaran dan disesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Kemudian perlunya untuk membuat media pembelajaran lain yang sesuai dengan kemajuan zaman mengingat masih banyak lagi media pembelajaran yang terbaru guna menambah motivasi belajar pebelajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) > Departemen Ilmu Keolahragaan (IK) > S2 Pendidikan Olahraga
Depositing User: library UM
Date Deposited: 31 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/161823

Actions (login required)

View Item View Item