Pengembangan modul etnobotani "karang kitri" Desa Jampit Kabupaten Bondowoso serta pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Jember / Muhammad Khalid Faruq - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan modul etnobotani "karang kitri" Desa Jampit Kabupaten Bondowoso serta pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Jember / Muhammad Khalid Faruq

Faruq, Muhammad Khalid (2020) Pengembangan modul etnobotani "karang kitri" Desa Jampit Kabupaten Bondowoso serta pengaruhnya terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa pendidikan biologi Universitas Negeri Jember / Muhammad Khalid Faruq. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran abad 21 membutuhkan peningkatan keterampilan berpikir tingkat tinggi agar nantinya mahasiswa dapat bersaing didunia global. Keterampilan berpikir yang perlu ditingkatkan antara lain berpikir kritis dan kreatif. kurikulum yang digunakan oleh jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jember telah memasukkan keterampilan abad 21 sebagai salah satu capaian pembelajaran namun dalam pengimplementasiannya masih belum maksimal. Peningkatan keterampilan berpikir kritis mahasiswa salah satunya dengan penggunaan bahan ajar yang sesuai. Analisis kebutuhan yang dilakukan kepada mahasiswa dan dosen pengampu mata kuliah etnobotani di jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jember didapatkan informasi bahwa pembelajaran belum menggunakan bahan ajar mandiri berupa modul dan belum maksimalnya penggunaan model pembelajaran berbasis proyek. Selain itu keterampilan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa masih rendah hal ini dikarenakan belum maksimalnya pembelajaran yang mengasah keterampilan berpikir kritis dan kreatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul etnobotani berbasis proyek yang valid praktis dan efektif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan dengan model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE dengan tahapan menganalisis mendesain mengembangkan mengimplementasikan dan mengevaluasi. Penelitian ini dilakukan di jurusan Pendidikan Biologi Universitas Negeri Jember pada bulan maret hingga april 2020. Jenis penelitian yang dilakukan yaitu pre-experiment dengan desain penelitian one group pretest-posttest. Data penelitian berupa hasil validasi modul dari ahli materi dan ahli media pembelajaran kepraktisan modul dan keefektifan modul. Keefektifan modul didapat dari skor pretest dan posttest yang diuji menggunakan uji hipotesis statistika yaitu uji T berpasangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul etnobotani yang dikembangkan merupakan modul yang valid dengan skor kevalidan isi/ materi sebesar 86 6% dan skor kevalidan media sebesar 95 6% praktis dengan skor kepraktisan sebesar 95 8% serta efektif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif ditandai oleh hasil uji T berpasangan yang mendapatkan nilai p 0 000 945 (0 05). Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan modul etnobotani karang kitri berbasis proyek terbukti efektif terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreatif mahasiswa. Sehingga dapat dijadikan salah satu acuan untuk melakukan penelitian serupa atau penelitian untuk menguji keterampilan berpikir yang lain.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Biologi (BIO) > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2020 04:29
Last Modified: 09 Sep 2020 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160818

Actions (login required)

View Item View Item