Proses berpikir reflektif siswa kelas XI IPS 3 MAN Batu dalam pemecahan masalah lingkaran / Medina El Wardah - Repositori Universitas Negeri Malang

Proses berpikir reflektif siswa kelas XI IPS 3 MAN Batu dalam pemecahan masalah lingkaran / Medina El Wardah

El Wardah, Medina (2017) Proses berpikir reflektif siswa kelas XI IPS 3 MAN Batu dalam pemecahan masalah lingkaran / Medina El Wardah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK El Wardah Medina. 2017. Proses Berpikir Reflektif Siswa Kelas XI IPS 3 MAN Batu dalam Pemecahan Masalah Lingkaran. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. I Nengah Parta S.Pd M.Si. Kata kunci Proses Berpikir Reflektif Masalah Lingkaran Reaction Elaboration Contemplation Lingkaran merupakan materi yang diajarkan pada siswa kelas XI IPS SMA/MA. Hasil penelitian awal menunjukkan bahwa kemampuan siswa kelas XI IPS 3 MAN Batu dalam memecahkan masalah lingkaran relatif rendah. Penyebabnya adalah ketidakmampuan siswa dalam menghubungkan pengetahuan yang telah dimiliki dengan masalah yang dihadapi. Hal tersebut mengindikasikan bahwa kemampuan berpikir reflektif siswa masih kurang. Berpikir reflektif merupakan kemampuan berpikir siswa dalam menghubungkan pengetahuan terdahulu untuk menyelesaikan suatu masalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses berpikir reflektif siswa dalam memecahkan masalah lingkaran berdasarkan fase berpikir reflektif oleh Surbeck yaitu reaction elaboration dan contemplation. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini adalah hasil tes berpikir reflektif dan wawancara subjek penelitian berkemampuan pemecahan masalah kategori tinggi sedang dan rendah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses berpikir reflektif subjek kategori tinggi pada fase reaction (1) menjelaskan identifikasi masalah menggunakan kalimatnya sendiri (2) menentukan kecukupan data (3) merepresentasikan data secara visual. Pada fase elaboration (1) menentukan pengetahuan yang relevan dengan masalah (2) menentukan strategi dan algoritma pemecahan (3) menentukan solusi dari masalah. Pada fase contemplation (1) mengevaluasi proses pemecahan dan memperbaiki kesalahan perhitungan (2) menjelaskan kebenaran argumen menggunakan konsep yang dimiliki. Proses berpikir reflektif subjek kategori sedang pada fase reaction (1) menjelaskan identifikasi masalah menggunakan kalimatnya sendiri tetapi beberapa informasi tidak tersampaikan (2) menentukan kecukupan data (3) merepresentasikan data secara visual. Pada fase elaboration (1) menentukan pengetahuan yang relevan dengan masalah (2) menentukan strategi dan algoritma pemecahan (3) menentukan solusi dari masalah. Pada fase contemplation (1) mengevaluasi proses pemecahan dan memperbaiki kesalahan perhitungan (2) menjelaskan kebenaran argumen meggunakan dugaan lemah. Proses berpikir reflektif subjek kategori rendah pada fase reaction (1) menjelaskan identifikasi masalah dengan mengulang kalimat pada soal (2) menentukan kecukupan data (3) tidak merepresentasikan data secara visual. Pada fase elaboration (1) tidak dapat menentukan pengetahuan yang relevan dengan masalah (2) tidak dapat menentukan strategi dan algoritma pemecahan (3) tidak dapat menentukan solusi dari masalah. Pada fase contemplation (1) mengevaluasi proses pemecahan masalah tetapi tidak mendeteksi kesalahan (2) tidak dapat menjelaskan kebenaran argumen. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada peneliti selanjutnya untuk mengkaji secara mendalam faktor-faktor yang mempengaruhi perbedaan tindakan yang ditunjukkan oleh siswa dengan kategori kemampuan pemecahan masalah yang sama dalam memecahkan masalah lingkaran. Peneliti selanjutnya dapat mengkaji hal tersebut berdasarkan masing-masing fase berpikir reflektif siswa. Hasil kajian dapat digunakan sebagai pertimbangan untuk menyusun pembelajaran yang tepat bagi siswa sehingga kemampuan siswa dalam memecahkan masalah matematika khususnya lingkaran dapat ditingkatkan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Aug 2017 04:29
Last Modified: 09 Sep 2017 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/16065

Actions (login required)

View Item View Item