pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif pdca berbantuan jurnal belajar terhadap self-efficacy, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa kelas xi ipa sma pada materi hidrokarbon / nur fiki maharani - Repositori Universitas Negeri Malang

pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif pdca berbantuan jurnal belajar terhadap self-efficacy, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa kelas xi ipa sma pada materi hidrokarbon / nur fiki maharani

Maharani, Nur Fiki Maharani (2021) pengaruh penerapan strategi pembelajaran metakognitif pdca berbantuan jurnal belajar terhadap self-efficacy, motivasi belajar, dan prestasi belajar siswa kelas xi ipa sma pada materi hidrokarbon / nur fiki maharani. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rendahnya prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon dapat disebabkan oleh rendahnya self-efficacy dan motivasi siswa dalam belajar. Aspek self-efficacy dan motivasi belajar siswa dapat ditingkatkan dengan mengembangkan kemampuan metakognitif siswa. Salah satu strategi pembelajaran yang dikembangkan berdasarkan kemampuan metakognitif siswa adalah strategi pembelajaran metakognitif PDCA oleh Parlan pada tahun 2018. Selain itu kemampuan metakognitif siswa juga dapat ditingkatkan dengan kegiatatan reflektif melalui penulisan jurnal belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan self-efficacy motivasi belajar dan prestasi belajar antara siswa yang belajar dengan strategi PDCA berbantuan jurnal belajar dengan siswa yang belajar dengan strategi pembelajaran konvensional ekspositori pada materi hidrokarbon. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest control group design yang melibatkan dua kelas sebagai sampel yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pengambilan sampel dilakukan denga teknik cluster random sampling. Kelas eksperimen dibelajarkan dengan strategi PDCA berbantuan jurnal belajar dan kelas kontrol dibelajarkan dengan strategi pembelajaran konvensional eskpositori. Instrumen yang digunakan adalah 20 butir soal pilihan ganda (r 0 869) kuisioner self-efficacy (r 0 722) kuisioner motivasi belajar (r 0.82). Keefektifan masing-masing strategi pembelajaran juga dianalisis melalui perhitungan d-effect size dan N-gain. Hasil analisis statistik menunjukkan bahwa terdapat perbedaan self-efficacy motivasi belajar dan prestasi belajar yang signifikan antara siswa kelas eksperimen yang belajar dengan strategi PDCA berbantuan jurnal belajar dengan siswa kelas kontrol yang belajar strategi konvensional. Rata-rata skor self-efficacy motivasi belajar dan prestasi belajar siswa kelas PDCA-JB lebih tinggi daripada siswa kelas konvensional. Nilai d-effect size dan N-gain menunjukkan bahwa strategi PDCA-JB lebih efektif meningkatkan self-efficacy motivasi belajar dan prestasi belajar siswa pada materi hidrokarbon dibandingkan strategi konvensional ekspositori.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Kimia (KIM) > S2 Pendidikan Kimia
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160529

Actions (login required)

View Item View Item