Irianty, Nindya Putri Irianty (2021) Penerapan project based learning (pjbl) dengan pendekatan science, technology, engineering and mathematic (stem) terhadap penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa pada materi alat-alat optik / Nindya Putri Irianty. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Irianty Nindya putri. 2021. Penerapan Project Based Learning (PjBL) dengan pendekatan Science Technology Engineering and Mathematic (STEM) terhadap penguasaan konsep dan berpikir kreatif siswa pada materi alat-alat optik. Tesis. Program Studi Pendidikan Fisika Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Parno M.Si (2) Dr. Eny Latifah M.Si. Kata kunci PjBL STEM penguasaan konsep alat alat optik Pendidikan berbasis ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu kunci dalam menghadapi abad 21. Pada umumnya peserta didik saat pembelajaran tidak dengan kepala kosong melainkan memiliki sejumlah pengalaman-pengalaman atau ide-ide yang terbentuk sebelumnya ketika siswa berinteraksi dengan lingkungan. Lingkungan sekolah sangat berperan dalam mempengaruhi perkembangan kreativitas siswa namun pada kenyataannya belum sepenuhnya dapat membentuk peserta didik dalam mengembangkan kreativitasnya. Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan penguasaan konsep dan kreativitas siswa tentang alat-alat optik melalui pembelajaran PjBL dengan pendekatan STEM. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods desain embedded experimental model. Subyek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMAN 7 Malang yang terdiri dari 34 siswa. Instrumen tes berupa 25 soal pilihan ganda beralasan untuk mengukur penguasaan konsep dan 5 soal uraian untuk mengukur kemampuan berpikir kreatif. Data dianalisis menggunakan uji statistik parametrik dengan Paired sample t-test untuk mengetahui perbedaan antara skor pretest dan posttest penguasaan konsep siswa. Uji normalitas Kolmogorov-Smirnov untuk mengetahui apakah kedua data terdistribusi normal atau tidak pada rerata skor pretest dan posttest kemampuan berpikir kreatif peserta didik. Uji lanjut N-gain untuk menentukan peningkatan pretest dan posttest. Effect Size untuk mengetahui pengaruh pembelajaran terhadap pretest dan posttest. Data tersebut juga dianalisis secara kualitatif dengan pengkodean alasan siswa berupa alasan salah alasan benar dan tanpa alasan yang akan dikategorikan sesuai kriteria pemahaman baik miskonsepsi dan tidak memahami untuk mengetahui perubahan konsep siswa. Selain itu kemampuan berpikir kreatif peserta didik dikategorikan sesuai kriteria pencapaian indikator soal berdasarkan persentase jumlah peserta didik katagori luency Flexibility Originality dan Elaboration pada setiap indikator berpikir kreatif. Hasil penelitian menunjukkan penguasaan konsep peserta didik meningkatkan pada materi alat optik dengan skor N-gain sebesar 0 66 (kategori tinggi) dan nilai Effect Size sebesar 0.67 (kategori cukup). Peningkatan ini juga dapat dilihat dari kenaikan persentase peserta didik dalam menjawab soal posttest dengan jawaban benar dan alasan sesuai konsep fisika mengalami peningkatan jika dibandingkan ketika pretest. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik meningkatkan pada materi alat optik dengan skor N-gain sebesar 0 68 (kategori tinggi) dan nilai Effect Size sebesar 0.73 (kategori cukup). Peningkatan ini juga dapat dilihat dari kenaikan persentase peserta didik dalam menjawab soal posttest kemampuan berpikir kreatif dengan jawaban yang tepat sesuai konsep fisika mengalami peningkatan jika dibandingkan ketika pretest. Oleh karena itu penerapan PjBL dengan pendekatan STEM terbukti cukup efektif meningkatkan penguasaan konsep dan meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Fisika (FIS) > S2 Pendidikan Fisika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/160184 |
Actions (login required)
View Item |