Penerapan model pembelajaran jarak jauh pada sub mata pelajaran seni rupa materi praktik poster di mtsn 2 kota malang / Imam Tri Laksono - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran jarak jauh pada sub mata pelajaran seni rupa materi praktik poster di mtsn 2 kota malang / Imam Tri Laksono

Laksono, Imam Tri (2021) Penerapan model pembelajaran jarak jauh pada sub mata pelajaran seni rupa materi praktik poster di mtsn 2 kota malang / Imam Tri Laksono. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Laksono Imam Tri. 2021. Penerapan Model Pembelajaran Jarak Jauh pada Sub Mata Pelajaran Seni Rupa Materi Praktik Poster di MTsN 2 Kota Malang. Pembimbing (I) Dr.Wida Rahayuningtyas S.Pd M.Pd. (II) Dr. Ponimin M.Hum. Kata kunci Pembelajaran Jarak Jauh Sekolah Praktik Poster Kegiatan pembelajaran di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Kota Malang pada mata pelajaran Seni Budaya berubah dalam metode pembelajarannya hal itu dikarenakan adanya pademi covid 19. Pembelajaran jarak jauh adalah satu-satunya alternatif terbaik yang digunakan oleh sekolah untuk menjaga dan pencegahan penyebaran virus covid selain itu juga tidak menghentikan jalannya kegiatan pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian adalah (1) Untuk menganalisis pelaksanaan model pembelajaran jarak jauh pada sub mata pelajaran seni rupa materi praktik poster MTs Negeri 2 Kota Malang. (2) Untuk menganalisi pelakasanaan model pembelajaran jarak jauh sub mata pelajaran seni rupa materi praktik poster pada kreatifitas siswa MTs Negeri 2 Kota Malang (3) Untuk menganalisis upaya MTs Negeri 2 Kota Malang dalam penerapan model pembelajaran jarak jauh pada sub mata pelajaran seni rupa materi praktik poster. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif dengan cara menganalisis pelaksanaan model pembelajaran jarak jauh pada sub mata pelajaran seni rupa materi praktik poster di lokasi MTsN 2 Kota Malang. Pada teknik penelitian menggunakan 3 tahap (1) observasi di lapangan untuk mencari data secara umum (2) melakukan wawancara kepada narasumber sebagai sumber data yaitu dua guru Seni Budaya siswa kelas delapan kepala sekolah dan walimurid (3) dokumentasi dengan mengambil data berupa perangkat pembelajaran dan hasil pembelajaran praktik poster. Data yang telah diperoleh akan dilakukan keabsahan data dan diolah dengan teknik triangulasi setelah itu menarik kesimpulan dari data yang telah diolah dengan tujuan untuk mengurucutkan data yang diperoleh peneliti. Hasil penelitian menunjukan (1) Pelaksanaan model pembelajaran jarak jauh pada praktik poster di MTs Negeri 2 Kota Malang berjalan dengan efektif dengan menggunakan media online dan media offline selama PJJ siswa menggunakan sumber belajar buku elektronik media belajar online video dan untuk siswa yang offline menggunakan modul untuk sumber belajar. Pada penilaiannya guru melakuakan secara jarak jauh juga dengan mengawasi melalui rekaman video dan foto siswa yang dikirim kepada guru siswa mengerjakan di rumah dan hasil praktik poster diserahkan kepada guru untuk dinilai. (2) PPJ dapat memberikan dampak pada kreativitas siswa sehingga dapat menigkat karena adanya tempat dan waktu yang leluasa banyaknya sumber belajar motiviasi yang diberikan oleh guru dan orang tua serta berkembangnya kepribadian siswa. (3) Upaya sekolah dalam untuk membantu pelaksanaan PPJ berupa bantuan kouta internet dan pemotongan 50% pembayaran SPP selain itu guru juga berupaya meringkas materi dan menjelaskan materi sebelum memberikan tugas serta selalu memotivasi siswa untuk semangat mengikuti PJJ upaya orang tua juga penting memberikan motivasi kepada anaknya dan perhatian selama PJJ. Kesimpulan penelitian ini pada pelaksanaan pembelajaran jarak jauh di MTs Negeri 2 Kota Malang sekolah mempersiapkan dari perangkat pembelajaran dan pelatihan terhadap guru Seni Budaya. Dengan menggunakan berbagai macam media online seperti media sosial kelas virtual serta sumber belajar online dan selain itu juga menggunakan media offline diantaranya buku paket dan modul. Pada PPJ yang telah dilaksanakan dapat memberikan dampak terhadap kepribadian siswa diantaranya siswa memiliki rasa tanggungjawab pada tugas siswa lebih bersikap mandiri dengan dorongan oleh motivasi guru maupun orang tua tetapi terdapat juga siswa yang kurang perhatian orang tua dapat memebrikan dampak negatif seperti siswa menjadi malas mengikuti PJJ sering ketertinggalan materi maupun tugas dan sering tidak hadir dalam PJJ. Pada permasalahan tersebut guru Seni Budaya memberikan perhatian dan motivasi penuh supaya siswa tetap hadir dan semangat mengikuti PPJ praktek poster.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Seni dan Desain (SED) > S2 Keguruan Seni Rupa
Depositing User: library UM
Date Deposited: 29 Sep 2021 04:29
Last Modified: 28 Jul 2023 03:44
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/160102

Actions (login required)

View Item View Item