Dewi, Astina Ratna (2021) Pengembangan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis steam untuk membentuk karakter tekun di TK Negeri Pembina Kepanjen. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
RINGKASAN Dewi Astina. 2021. Pengembangan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis STEAM Untuk Membentuk Karakter Tekun Di TK Negeri Pembina Kepanjen rdquo . Tesis Program Studi S2 Pendidikan Anak Usia Dini Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof.Dr.H. Imron Arifin M. Pd Pembimbing (2) Dr. H. Alif Mudiono M. Pd Kata kunci RPP STEAM Karakter Tekun Pembelajaran abad 21 adalah pembelajaran yang mengintegrasikan kecakapan pengetahuan penguasaan teknologi keterampilan dan sikap. Pembelajaran berbasis STEAM merupakan materi pembelajaran yang mendorong anak lebih kreatif dalam memecahkan masalah berfikir logis dan berfikir simbolik. STEAM dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan abad 21 dan merupakan materi pembelajaran yang mengintegrasikan ilmu sains (science) teknologi (technology) teknik (engeneering) seni (art) dan matematika (math). Pandemi Covid-19 berpengaruh besar dalam dunia Pendidikan secara formal interaksi pembelajaran di semua tingkat pendidikan termasuk pada Lembaga Pendidikan anak usia dini melakukan pembelajaran dari rumah melalui pembelajaran berbasis web. Berdasarkan hasil study pendahuluan yang dilaksanakan di TK Negeri Pembina Kepanjen menunjukkan bahwa 65 % dengan pembelajaran yang dilaksanakan secara Daring mengalami penurunan pada ketekunan anak-anak sudah merasa bosan jenuh mogok bahkan tidak mau mengerjakan tugas dan 35 % pemahaman orang tua tentang materi pembelajaran yang sudah disampaikan oleh guru kurang dipahami dengan baik. Karakter tekun merupakan sekumpulan nilai baik yang didasari rasa tanggung jawab pada diri sendiri kerja keras dan pantang menyerah dalam menyelesaikan sesuatu. Mengembalikan semangat belajar anak-anak yang sudah merasa jenuh dan bosan membutuhkan pembentukan karakter yang terprogram melalui rencana pelaksanaan pembelajaran. Oleh sebab itu perlu adanya buku pedoman pengembangan Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran untuk membentuk karakter tekun dengan muatan materi STEAM untuk memenuhi kebutuhan abad 21. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian dan pengembangan (Research and Development) tujuan penelitian ini adalah mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis STEAM untuk membentuk karakter tekun anak usia dini di TK Negeri Pembina Kepanjen. Model Penelitian ini menggunakan penelitian pengembangan Bork amp Garl proses pengembangan dari 10 langkah disederhanakan menjadi enam langkah yaitu 1) studi pendahuluan 2) perencanaan 3) pengembangan produk 4) validasi produk 5) uji coba produk 6) produk akhir. Hasil uji coba kelompok terbatas diketahui bahwa 60 8 % siswa rata-rata mengalami peningkatan. Kemampuan pada unsur muatan materi STEAM 89 % dan Karakter Tekun 91 %. Selain itu juga diketahui bahwa seluruh siswa atau 100% siswa dinyatakan tuntas belajar. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa produk yang dikembangkan valid dan efektif untuk mengembangkan Karakter Tekun anak usia dini sehingga layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran.Bagi peneliti selanjutnya adalah mengembangkan rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis STEAM yang membentuk karakter ndash karakter yang lain untuk anak usia dini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 14 Aug 2023 04:20 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/159309 |
Actions (login required)
View Item |