Penerapan pembelajaran daring berbantuan video dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak studi multi kasus di ra perwanida kota blitar / MIFTAKHUL CHOIRIYAH - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran daring berbantuan video dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak studi multi kasus di ra perwanida kota blitar / MIFTAKHUL CHOIRIYAH

Choiriyah, Miftakhul Choiriyah (2021) Penerapan pembelajaran daring berbantuan video dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak studi multi kasus di ra perwanida kota blitar / MIFTAKHUL CHOIRIYAH. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pandemi corona virus disease 2019 (Covid 19) yang telah melanda sebagian besar negara didunia berdampak bagi lembaga pendidikan khususnya pendidikan Anak Usia dini ( PAUD). Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif dengan rancangan multi kasus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perencanaan kegiatan pembelajaran daring berbantuan video dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak Pengelola lembaga menentukan metode pengelolaan pembelajaran daring membuka forum edukasi orangtua/wali melalui parenting schoolsecara virtual memanfaatkan benda yang ada di rumah dan sekitarnya sebagai media pembelajaran dan menyusun ke dalam RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) (2) pelaksanaan kegiatan pembelajaran daring berbantuan video dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak orang tua yang selalu memberi perhatian pada anaknya terutama perhatian pada kegiatan belajar mereka dirumah akan membuat anak lebih giat dan lebih bersemangat dalam belajar karena ia tahu bahwa bukan dirinya sendiri saja yang berkeinginan untuk maju akan tetapi orang tuanya juga memiliki keinginan yang sama. Sehingga hasil belajar atau prestasi belajar yang diraih oleh siswa menjadi lebih baik (3) evaluasi kegiatan pembelajaran daring berbantuan video dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak pembelajaran daring yang dikirim oleh guru menggunakan beberapa platformdigital yang menarik dan tentunya membantu sekali untuk meningkatkan keefektifan belajar respon anak sangat semangat perkembangan kemampuan Bahasa anak setelah menyimak pembelajaran daring melalui video sangat baik (4) Faktor Penghambat Kegiatan Pembelajaran daring berbantuan video dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak Koneksi jaringan internet menjadi salah satu kendala yang dihadapi siswa yang tempat tinggalnya sulit untuk mengakses internet orang tua kurang memahami betapa sesungguhnya dukungan dan peran mereka sangat sangat dibutuhkan anak-anak dalam proses pembelajaran setiap hari dan tidak semua orang tua memahami tujuan pembelajaran yang telah dikirim oleh guru (5) faktor pendukung kegiatan pembelajaran daring berbantuan video dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak dan upaya meningkatkannya pembelajaran daring yang dikirim oleh guru menggunakan beberapa platform digital yang menarik dan tentunya membantu sekali untuk meningkatkan keefektifan belajar (6) rencana tindak lanjut terkait kegiatan pembelajaran daring berbantuan video dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak pembuatan media pembelajaran selama masa pandemi covid-19 yakni dengan menyiapkan materi bahan dan media pembelajaran sesuai dengan metode pembelajaran yang dipilih dengan mengoptimalkan sumber belajar yang tersedia sesuai dengan lingkungan belajar masing-masing siswa

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159305

Actions (login required)

View Item View Item