Arifina, Adruni (2020) Pembelajaran humanistik dalam memenuhi kebutuhan aktualisasi diri remaja pada kegiatan kepedulian sosial (studi kasus pada seribu komunitas Bagan Siapiapi Provinsi Riau) / Adruni Arifina. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Seribu Komunitas Bagansiapiapi adalah wadah positif bagi remaja Bagansiapiapi Seribu komunitas Bagansiapiapi juga bertujuan untuk (a) mempererat solidaritas remaja yang ada di Kota Bagansiapiapi (b) tempat untuk bertukar pikiran ilmu dan pengalaman (c) meningkatkan kesadaran untuk melestarikan budaya (d) gerakan sadar budaya (e) membangkitkan budaya yang telah hilang yang ada di daerah Rokan Hilir dan (f) Seribu Komunitas Bagansiapiapi juga menyelenggarakan kegiatan sosial seperti penggalangan dana untuk korban banjir korban gempa komunitas ini juga mempunyai kegiatan rutin yaitu menyantuni anak yatim piatu dan mengadakan pentas seni. Komunitas ini mengajarkan bahwa tidak hanya bisa belajar dibidang formal namun juga bisa belajar diluar sekolah dengan proses pendidikan humanistic dalam konteks dimana kemampuan dikerahkan untuk memecahkan masalah kepada generasi muda membentuk kepedulian kepada masyarakat tidak hanya pembelajaran namun juga bisa memberikan pengabdian kepada masyarakat sehingga Seribu Komunitas Bagansiapiapi dijadikan wadah untuk belajar menyalurkan hobi sesuai dengan kebutuhan sehingga dapat berprestasi. Fokus penelitian ini adalah proses pembelajaran humanistic untuk mencapai aktualisasi diri anggota remaja Seribu Komunitas Bagansiapiapi dengan tujuan penelitian untuk (a). menganalisa proses aktualisasi diri anggota Seribu Komunitas Bagansiapiapi menerima diri sendiri dan anggota lain (b). menganalisa proses pembelajaran humanistik anggota Seribu Komunitas Bagansiapiapi memecahkan masalah masyarakat (c). mengalisa proses aktulisasi diri anggota dalam mengembangkan bakat dan potensi diri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. teknik penentuan informan atau pengambilan sampel pada penelitian ini adalah dengan menggunakan purposive informan dalam penelitian ini yaitu (a). DK sebagai informan kunci (b). RAA sebagai informan pendukung (c). FA sebagai informan pendukung (d). MK sebagai informan pendukung (e). MA sebagai informan pendukung. Prosedur pengumpulan data dilakukan melalui wawancara observasi dan studi dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan conclusion drawing and verifying. Hasil penelitian ini Seribu Komunitas Bagansiapiapi menjadi ruang untuk beraktualisasi diri seluruh anggota teraktualisasi diri melalui kegiatan sosial yang diadakan seribu komunitas. Kegiatan sosial ini menjadikan seluruh interaksi menjadi pembelajaran humanistic bagi seluruh anggota Seribu Komunitas Bagansiapiapi. Pembelajaran humanistic ini membembuk karakter yang baik untuk seluruh anggota Seribu Komunitas Bagansiapiapi menjadi manusia adalah sebuah bentuk keterberhasilan pembelajaran humanistic ini dimana seluruh anggota sebagai pebelajar berhasil mengaktualisasi dirinya. Peningkatan kemampuan kognitif anggota Seribu Komunitas Bagansiapiapi melalui pemberian pengetahuan yang berkmakna dapat digunakan dalam kehidupan sosial. Pengembangan kualitas diri anggota Seribu Komunitas Bagansiapiapi menuju pencapaian pribadi yang bahagia dan beraktualisasi diri (Self fulfillment). Hal ini terjadinya pertumbuhan (Growth) pada individu anggota Seribu Komunitas Bagansiapiapi dan memelihara demokratis yang baik individu yang bebas memungkinkan diliat sebagai demokrasi yang sehat.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Apr 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/159164 |
Actions (login required)
View Item |