motivasi ibu-ibu penghafal al quran (studi kasus santri kalong di lembaga raudhatul quran kecamatan lowokwaru kota malang / arini milla chanifa - Repositori Universitas Negeri Malang

motivasi ibu-ibu penghafal al quran (studi kasus santri kalong di lembaga raudhatul quran kecamatan lowokwaru kota malang / arini milla chanifa

Chanifa, Arini Milla Chanifa (2021) motivasi ibu-ibu penghafal al quran (studi kasus santri kalong di lembaga raudhatul quran kecamatan lowokwaru kota malang / arini milla chanifa. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Chanifa Arini Milla. 2021. Motivasi Ibu-Ibu Penghafal Al Quran (Studi Kasus Santri Kalong di Lembaga Raudhatul Quran Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Tesis. Program Studi S-2 Pendidikan Luar Sekolah. Pascasarjana. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Endang Sri Redjeki M.S. (2) Dr. Umi Dayati M.Pd. Kata Kunci Motivasi penghafal Al Quran Santri Kalong Motivasi adalah hal yang sangat diperlukan dalam kehidupan. Sebuah motiasi akan membuat seseorang semangat dalam melakukan sesuatu dalam hidupnya yang dalam hal ini adalah unuk menghafalkan Al Quran. Motivasi dilihat dari dasar pembetukannya terdiri dari motif biogenetis motif sosiogenetis derta motif theogenetis. Yang menjadi objek penelitian dalam penelitian ini adalah santri kalong yaitu seseorang yang mempelajari ilmu agama Islam tetapi tidak bermukim di pondok pesantren. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai motivasi ibu-ibu yang terdiri dari motif biogenetis motif sosiogenetis serta motif theogenetis. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus menggunakan in-dept interview. Analisa data dilakukan dengan tahapan reduksi data display data pengambilan keputusan. Pengecekan keabsahan data menggunakan teknik triangulasi metode dan sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi diri pada santri kalong ini terdiri dari motif biogenetis motif sosiogenetis serta motif theogenetis. Motif biogenetis ini diantaranya menghafal Al Quran unuk menemani masa tua menghafal Al Quran untuk menyelesaikan hafalan yang sudah pernah dimiliki. Motif sosiogenetis diantaranya mendapat dukungan dari keluarga menjadi contoh bagi anak-anak serta lingkungan dan teman-teman yang mendukung. Sedangkan untuk motif theogenetis diantaranya menghafal untuk bekal di akhirat dan mengahfal sebagai cara untuk memperbaiki diri. Menghafal Al Quran bukanlah hal yang mudah. Perlu adanya keinginan komitmen dan usaha yang keras. Diperlukan kesabaran dan konsistensi dalam menjalankannya karena banyak tantangan yang harus dihadapi dalam menyelesaikan hafalan Al Quran. Santri kalong disarankan untuk tetap konsisten dalam menghafalkan Al Quran. Ketika menghadapi masalah sehingga membuat fokus untuk menghafal agak berkurang disarankan untuk berbagi ceria kepada orang terdekat kemudian jika menghadapi masalah berkaitan dengan kesehatan atau kesulitan menghafal Al Quran disarankan untuk beristirahat. Karena menghafalkan Al Quran itu merupakan sebuah proses bukan hasil yang cepat dan instan. Allah akan selalu menghargai usaha hambaNya. Memang awalnya terasa berat akan tetapi hasilnya akan sebanding ketika nanti bisa menghafalkan Al Quran 30 juz secara lancar dan bisa tetap istiqomah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/159161

Actions (login required)

View Item View Item