Mashuriyah, Ririn Mashuriyah (2021) Pengaruh kompetensi profesional dan kecerdasan spiritual terhadap komitmen guru ra di kabupaten pasuruan / RIRIN MASHURIYAH. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional terhadap komitmen tugas guru RA di Kabupaten Pasuruan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan spiritual terhadap komitmen tugas guru RA di Kabupaten Pasuruan untuk mengetahui pengaruh kompetensi profesional dan kecerdasan spiritual terhadap komitmen tugas guru RA di Kabupaten Pasuruan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif inferensial. Populasi dalam penelitian ini adalah guru dan kepala RA di Kabupaten Pasuruan yang berjumlah 1806 orang. Penentuan jumlah sampel menggunakan rumus slovin dengan total sampel 95 orang. Teknik pengambilan sampel dengan cara Simple Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan data sekunder dari lembaga. Uji validitas instrumen menggunakan rumus korelasi product moment sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alfa Cronbach. Alat ukur terbukti valid dan reliabel untuk instrumen penelitian. Regresi linier berganda digunakan untuk uji hipotesis penelitian ini. Alat ukur terbukti valid dan reliabel untuk instrumen penelitian. Regresi linier berganda digunakan untuk uji hipotesis pada penelitian ini. Tetapi sebelum ke pengolahan regresi linier berganda harus melewati uji asumsi klasik yang terdiri uji normalitas uji multikolinieritas dan uji heterokedastisitas. Hasil penelitian menemukan bahwa (1) adanya pengaruh positif Kompetensi Profesional terhadap Komitmen Guru. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 2 761 dengan nilai signifikansi sebesar 0 032. Nilai statistik uji thitung tersebut lebih besar daripada ttabel (2 761 gt 2 004) atau nilai signifikansi lebih kecil dari alpha 0 05 maka disimpulkan variabel Kompetensi Profesional (X1) secara parsial atau sendiri-sendiri memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Komitmen Guru (Y) (2) variabel Kecerdasan Spiritual menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif terhadap variabel Komitmen Guru. Hal ini dibuktikan dengan thitung sebesar 5 862 dengan nilai signifikansi sebesar 0 000. Nilai statistik uji thitung tersebut lebih besar daripada ttabel (5 862 gt 2 004) atau nilai signifikansi lebih kecil dari alpha 0 05 maka dapat disimpulkan variabel Kecerdasan Spiritual (X2) dapat memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Komitmen Guru (Y) (3) adanya pengaruh positif Kompetensi Profesional dan Kecerdasan Spiritual terhadap Komitmen Guru. Hal ini dibuktikan dengan Fhitung sebesar 10 008 dengan nilai signifikansi sebesar 0 000. Nilai statistik uji Fhitung tersebut lebih besar daripada Ftabel (60 008 gt 2 77) atau nilai signifikansi lebih kecil dari alpha 0 05 maka dapat disimpulkan Kompetensi Profesional dan Kecerdasan Spiritual secara simultan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap variabel Komitmen Guru (Y). Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh nilai R Square sebesar 0 557 atau 55 7%. Artinya besarnya pengaruh variabel Kompetensi Profesional (X1) dan Kecerdasan Spritual (X2) terhadap komitmen guru (Y) adalah sebesar 55 7%. Sedangkan pengaruh sisanya yang sebesar 44 3% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Kesimpulan untuk penelitian ini variabel kompetensi professional dan kecerdasan spritual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel komitmen guru. Saran untuk Guru RA harus terus meningkatkan kompetensi profesional dan kecerdasan spiritual agar komitmen yang ada pada individu di setiap guru RA dapat dipertahankan dan bisa juga dapat lebih ditingkatkan.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Pendidikan Luar Sekolah (PLS) > S2 Pendidikan Luar Sekolah |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 08 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/159160 |
Actions (login required)
View Item |