Aniqoh, Wajihatul Aniqoh (2021) manajemen pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler kitab kuning di madrasah aliyah rembang jawa tengah / wajihatul aniqoh. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Sumber daya manusia akan maju jika dilakukan inovasi kegiatan guna membentuk manusia berkompeten. Pendidikan menjadi sarana manajemen sumber daya manusia dan pembangunan bangsa karena semua sistem pendidikan pada setiap jenjang sangat bergantung pada sumber daya manusia untuk pelaksanaan program. Sebagai usaha dalam memajukan sumber daya manusia (SDM) faktor terpenting sebagai penunjang adalah pembentukan karakter pada SDM. Melalui SDM yang berkarakter maka elemen lain yang menjadi ketentuan bagi terciptanya SDM yang memadai dan berkualitas memiliki peluang yang lebih besar untuk digapai. Sekolah selalu melakukan inovasi guna terciptanya karakter baik siswa. Inovasi tersebut dapat berupa pengadaan ekstrakurikuler keagamaan yaitu ekstrakurikuler kitab kuning. Kitab kuning merupakan kitab yang dikarang oleh para ulama salaf sejak berabad-abad lalu yang membahas tentang ilmu agama yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari seperti ilmu faraid ilmu fikih ilmu akhlak dan ilmu yang lain. Kitab kuning ditulis menggunakan bahasa arab tanpa harokat sering juga disebut sebagai kitab gundul. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendiskripsikan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditanamkan dari ekstrakurikuler kitab kuning di MAN 2 Rembnag dan MA Al-Anwar Sarang. (2) Mendiskripsikan manajemen dan strategi pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler kitab kuning (3) Mendiskripsikan tantangan dan peluang keberhasilan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler kitab kuning. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain multi-situs. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah waancara observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data individu dan analisis data lintas situs yang mencakup reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan (1) Ekstrakurikuler kitab kuning dibentuk menghasilkan nilai-nilai karakter yang didapat oleh peserta didik adapun nilai karakter tersebut adalah religius disiplin kerja keras jujur tanggung jawab percaya diri menghargai prestasi kreatif profesional dan keadilan. (2) Perencanaan dilakukan dengan menyiapkan jurnal memberikan tugas guru pengampu dan menyaring siswa. Pihak yang terlibat adalah kepala sekolah waka kurikulum dan koordinator esktrakurikuler. Melakakukan kegiatan rutin mingguan dengan waktu 90 menit. Evaluasi dilakukan melalui 3 tahapan Metode pengajaran ditetukan guru. Mempelajari ilmu alat menggunakan kitab jurumiyah dan kitab Fathul Qorib digunakan untuk pengajaran kitab kuning. (3) Stake holder di Madrasah mendukung secara penuh ekstrakurikuler kitab kuning. Kesamaan hambatan yang dialami kedua madrasah tersebut adalah background lulusan siswa yang berbeda ada yang dari SMP. Kedua Madrasah memiliki solusi masing-masing dalam mengatasi hambatan tersebut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Administrasi Pendidikan (AP) > S2 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 21 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/159155 |
Actions (login required)
View Item |