Alphafiani, Mineil (2013) Penerapan pembelajaran kontekstual melalui strategi react untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII pada materi kubus dan balok di SMPN 17 Malang / Mineil Alphafiani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Alphafiani Mineil. 2013. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Melalui Strategi REACT Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII Pada Materi Kubus Dan Balok di SMPN 17 Malang. Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing Drs. H. M. Shohibul Kahfi M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual Strategi REACT Motivasi Hasil Belajar siswa 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru Matematika Kelas VIII di SMPN 17 Malang motivasi belajar siswa selama mengikuti proses pembelajaran masih kurang dapat dilihat dari konsentrasi siswa yang mudah terpecah disebabkan siswa cepat merasa bosan. 12288 12288 12288 12288 Selain itu pembelajaran selama ini terutama materi kubus dan balok masih menggunakan metode konvensional. Hal ini mengakibatkan siswa cenderung menghafal rumus untuk menentukan luas permukaan dan volume kubus balok. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan di SMPN 17 Malang. Subjek penelitian yaitu siswa kelas VIII-G tahun ajaran 2012/2013 yang berjumlah 30 siswa. Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas. Dalam penelitian ini mendeskripsikan langkah-langkah penerapan pembelajaran kontekstual melalui strategi REACT yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa pada materi kubus balok. 12288 12288 12288 12288 Hasil penelitian menunjukkan bahwa langkah-langkah pembelajaran kontekstual melalui strategi REACT yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa yaitu (a) Tahap Relating guru mengulang kembali materi prasyarat kemudian memberikan motivasi kepada siswa (b) Tahap Experiencing siswa melakukan rangkaian kegiatan yang merupakan bagian dari proses mengalami (c) Tahap Applying siswa mengaplikasikan rumus yang didapatkan pada tahap experiencing untuk mengerjakan soal yang berhubungan dengan luas permukaan dan volume kubus balok dalam kehidupan sehari- hari (d) Tahap Cooperating siswa melaksanakan diskusi kelas untuk membahas penyelesaian pada Tahap Experiencing dan Tahap Applying (e) Tahap Transferring siswa diberikan soal tantangan dalam konteks yang baru tetapi masih terkait dengan materi. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan skor motivasi awal siswa pada indikator attention sebesar 2 21 relevance sebesar 2 01 convidence sebesar 2 11 dan satisfication sebesar 2 17 termasuk dalam kategori cukup baik . Jadi diperoleh skor motivasi awal siswa secara klasikal sebesar 2 13 termasuk dalam kategori cukup baik . Dan motivasi belajar siswa tiap indikator pada siklus I yaitu attention sebesar 2 69 termasuk dalam kategori baik relevance sebesar 2 51 dan convidence sebesar 2 30 serta satisfication sebesar 2 47 termasuk dalam kategori cukup baik sehingga diperoleh skor motivasi belajar siswa siklus I rata-rata 2 49 termasuk dalam taraf keberhasilan cukup baik . Serta motivasi belajar siswa tiap indikator pada siklus II yaitu attention sebesar 3 14 relevance sebesar 2 97 convidence sebesar 2 73 dan satisfication sebesar 2 83 termasuk dalam kategori baik sehingga diperoleh rata-rata motivasi siswa siklus II sebesar 2 92 termasuk dalam kategori baik . Sedangkan hasil belajar siswa pada siklus I menunjukkan 18 orang siswa yang tuntas atau mempunyai persentase keberhasilan sebesar 62 06 % dari keseluruhan siswa. Hasil belajar pada siklus II mempunyai persentase keberhasilan 76 66% dari keseluruhan siswa atau 23 orang siswa tuntas dan 7 orang siswa tidak tuntas. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual melalui strategi REACT dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas VIII-G pada materi kubu 12288 12288 12288 12288 dan balok di SMPN 17 Malang. 12288 12288 12288 12288
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 09 Sep 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15811 |
Actions (login required)
View Item |