Analisis kesesuaian soal-soal latihan pada buku teks matematika SMA kelas X dengan kompetensi dasar berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom / Rinawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesesuaian soal-soal latihan pada buku teks matematika SMA kelas X dengan kompetensi dasar berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom / Rinawati

Rinawati (2013) Analisis kesesuaian soal-soal latihan pada buku teks matematika SMA kelas X dengan kompetensi dasar berdasarkan ranah kognitif taksonomi Bloom / Rinawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rinawati. 2013. Analisis Kesesuaian Soal-Soal Latihan pada Buku Teks Matematika SMA Kelas X dengan Kompetensi Dasar Berdasarkan Ranah Kognitif Taksonomi Bloom. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd. Kata Kunci kesesuaian soal kompetensi dasar taksonomi bloom buku teks matematika 12288 12288 12288 12288 Saat ini banyak diterbitkan dan beredar di pasaran buku teks matematika pendukung pembelajaran yang menggunakan dua bahasa (Bilingual) atau full English Version. Namun kualitas buku teks tersebut perlu diperhatikan karena salah satu faktor penting yang berpengaruh terhadap keberhasilan dalam pembelajaran. Beberapa penelitian terdahulu telah menunjukkan penyajian konsep matematika yang belum menggunakan istilah-istilah matematika dengan benar dan bahasa Inggris yang digunakan kurang komunikatif sedangkan fokus penelitian ini adalah untuk mengkaji kesesuaian soal-soal latihan pada buku teks dengan kompetensi dasar yang menggunakan ranah kognitif Taksonomi Bloom. 12288 12288 12288 12288 Objek kajian dalam penelitian ini adalah buku teks matematika SMA Kelas X yaitu YM. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesesuaian soal-soal latihan pada buku teks matematika SMA kelas X dengan kompetensi dasar yang mengacu pada kurikulum yang berlaku (KTSP) dan dianalisis berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan rancangan deskriptif. Dari hasil penelitian diperoleh data yaitu ada 141 soal latihan pada buku teks YM yang dikategorikan berdasarkan ranah kognitif Taksonomi Bloom dengan rincian 136 soal dari Chapter 1 Exponent Root and Logarithm dan 5 soal dari Chapter 2 Quadratic Functions Equations and Inequalities. Dari 141 soal tersebut terdapat 18 soal tingkatan C1-C2 34 soal tingkatan C2-C3 72 soal tingkatan C3 dan 12 soal tingkatan C3-C4 5 soal tingkatan C4. Soal-soal latihan yang terdapat pada Chapter 1 Exponent Root and Logarithm telah mendukung ketercapaian kompetensi dasar 1.1 Menggunakan aturan pangkat akar dan logaritma karena sudah memenuhi kriteria kategori C3 lebih dari sama dengan 70%. Namun soal-soal latihan pada Chapter 2 Quadratic Functions Equations and Inequalities masih belum mendukung ketercapaian 2.5 Merancang model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat 2.6 Menyelesaikan model matematika dari masalah yang berkaitan dengan persamaan dan/atau fungsi kuadrat dan penafsirannya karena belum memenuhi kriteria kategori C4 C5 dan C6 lebih dari sama dengan 70%. Oleh karena itu penulis memberikan solusi dengan memberikan beberapa contoh soal latihan khususnya untuk soal yang kategorinya belum terpenuhi yaitu kategori C4 C5 dan C6.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 24 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15798

Actions (login required)

View Item View Item