Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (studi kasus MAN Malang 2 Batu) / Bunga Suci Bintari Rindyana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (studi kasus MAN Malang 2 Batu) / Bunga Suci Bintari Rindyana

Rindyana, Bunga Suci Bintari (2013) Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan analisis Newman (studi kasus MAN Malang 2 Batu) / Bunga Suci Bintari Rindyana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Rindyana Bunga Suci Bintari. 2013. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Analisis Newman (Studi Kasus MAN Malang 2 Batu). Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Malang Pembimbing Drs. Tjang Daniel Chandra M. Si Ph. D Kata kunci Kesalahan Soal Cerita Matematika Analisis Kesalahan Newman Pemecahan masalah dalam matematika sekolah biasanya diwujudkan melalui soal cerita. Dalam penyelesaian soal cerita terlebih dahulu siswa harus dapat memahami isi soal cerita tersebut setelah itu menarik kesimpulan obyek-obyek yang harus dipecahkan dan memisalkannya dengan simbol-simbol matematika sampai pada tahap akhir yaitu penyelesaian. Hingga saat ini keterampilan berpikir dan menyelesaikan soal cerita matematika masih cukup rendah. Metode analisis kesalahan Newman merupakan salah satu metode yang digunakan untuk menganalisis kesalahan penyelesaian soal cerita matematika. Metode ini mempunyai lima tahapan yaitu (1) membaca masalah (reading) (2) memahami masalah (comprehension) (3) transformasi masalah (transformation) (4) keterampilan proses (process skill) (5) penulisan jawaban akhir (encoding). Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah deskriptif. Pengambilan subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas X MAN Malang 2 Kota Batu tahun ajaran 2012/2013. Berdasarkan hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak ada siswa yang dapat menjawab dengan benar semua soal yang telah diberikan. Berdasarkan analisis data diperoleh kesimpulan bahwa (1) sebanyak 84 4 % siswa melakukan kesalahan pada tahap membaca soal (reading) kesulitan yang dialami siswa adalah tidak dapat memaknai kalimat yang mereka baca dengan baik. (2) Pada tahap memahami masalah (comprehension) sebanyak 87 7 % siswa kesalahan yang dilakukan siswa meliputi (a) tidak menuliskan apa yang diketahui (b) menuliskan yang diketahui tidak sesuai dengan permintaan soal (c) menuliskan yang ditanyakan tidak sesuai dengan permintaan soal (d) tidak menuliskan yang ditanyakan dalam soal (e) tidak mengetahui maksud pertanyaan. (3) Pada tahap transformasi soal sebanyak 46 6 % siswa yang melakukan kesalahan diantaranya yaitu siswa tidak mengetahui metode yang akan digunakan. (4) Tahap ketrampilan proses sebanyak 32 2 % siswa yaitu kesalahan dalam proses eliminasi subtitusi (5) penulisan jawaban akhir sebanyak 42 2 % siswa yaitu (a) menuliskan jawaban akhir yang tidak sesuai dengan konteks soal (b) tidak menuliskan jawaban akhir . Adapun faktor penyebabnya ialah tidak bisa menyusun makna kata yang dipikirkan ke bentuk kalimat matamatika tidak memahami soal yang diminta kurang teliti kurang dapat menangkap informasi masalah yang terkandung dalam soal lupa kurang latihan mengerjakan soal-soal bentuk cerita yang bervariasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 21 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15794

Actions (login required)

View Item View Item