Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematic education untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi fungsi / Taufiq Hidayanto - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematic education untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi fungsi / Taufiq Hidayanto

Hidayanto, Taufiq (2013) Pengembangan bahan ajar berbasis realistic mathematic education untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa SMP kelas VIII pada materi fungsi / Taufiq Hidayanto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci bahan ajar realistic mathematic education komunikasi matematis fungsi Komunikasi matematis merupakan kemampuan penyampaian ide atau ga-ga san baik secara lisan visual maupun dalam bentuk tertulis dengan menggu na-kan istilah matematika dan berbagai representasi yang sesuai serta memperhatikan kaidah-kaidah matematika. Fakta di lapangan menunjukkan bahwa kemampuan komunikasi matematis siswa tergolong masih lemah. Bahan ajar sangatlah diperlukan karena siswa dapat membangun kemampuan komunikasi matematisnya melalui aktivitas-aktivitas di dalam bahan ajar. Namun bahan ajar yang beredar dipasaran belum memenuhi karakter konstruktivistik dan kurang mendorong siswa dalam membangun kemampuan komunikasi matematisnya. Oleh karena itu perlu disusun dan dikembangkan bahan ajar yang berkualitas menurut kriteria tertentu. Bahan ajar yang akan dikembangkan menggunakan salah satu pendekatan pembelajaran yang akan menggiring siswa memahami konsep matematika dengan mengkontruksi sendiri melalui pengetahuan sebelumnya yang berhubungan dengan kehidupan sehari-harinya serta memberi kesempatan siswa untuk membangun kemampuan komunikasi matematisnya. Tujuan penelitian dan pengembangan adalah untuk menghasilkan bahan ajar berbasis Realistic Mathematic Education yang valid dan efektif sehingga dapat digunakan untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa pada submateri memahami relasi dan fungsi serta menentukan nilai fungsi. Bahan ajar yang dikembangkan berbentuk lembar aktivitas siswa (LKS). Model pengembangan bahan ajar pada penelitian ini mengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan (1974) yang telah dimodifikasi. Modifikasi yang dilakukan adalah sebagai berikut 1) penyederhanaan model yang sebelumnya terdapat empat tahap menjadi tiga tahapan saja yaitu pendefinisian (define) perancangan (design) dan pengembangan (develop) hal ini dilakukan karena keterbatasan waktu serta biaya 2) tidak semua tahapan pada model 4-D digunakan karena disesuaikan dengan kebutuhan pengembangan bahan ajar yang berupa LKS. Berdasarkan hasil validasi dan hasil uji coba produk yang telah diuraikan pada bab IV secara keseluruhan produk bahan ajar yang dikembangkan dinyatakan valid menurut penilaian validator dan berkriteria efektif berdasarkan analisis hasil uji coba kepada siswa. Jadi dapat disimpulkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan layak digunakan untuk membangun kemampuan komunikasi matematis siswa pada materi fungsi. Disarankan kepada pengembang-pengembang lainnya untuk mengujicobakan bahan ajar ini kepada siswa dalam kelompok yang lebih besar dan menerapkan tiga prinsip dan lima karakteristik RME dengan memperhatikan karakter siswa lokal sebagai calon pengguna.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 05 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15787

Actions (login required)

View Item View Item