Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual pada materi aritmetika sosial untuk SMP kelas VII semester 1 / Tri Novitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual pada materi aritmetika sosial untuk SMP kelas VII semester 1 / Tri Novitasari

Novitasari, Tri (2013) Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan pendekatan kontekstual pada materi aritmetika sosial untuk SMP kelas VII semester 1 / Tri Novitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci LKS aritmetika sosial kontekstual Berdasarkan wawancara secara informal tehadap siswa SMPN 3 Porong dan SMPN 1 Gempol dapat diketahui bahwa mereka mengalami kesulitan pada materi Aritmetika Sosial. Guru hanya menjelaskan rumus-rumus saja sehingga ketika siswa dihadapkan pada sebuah permasalahan Aritmetika Sosial mereka menjadi kebingungan untuk menyelesaikan masalah tersebut. LKS yang ada saat ini masih berupa ringkasan materi dan kumpulan soal saja. Selain itu berdasarkan hasil wawancara terhadap guru SMPN 1 Gempol tampilan LKS yang disajikan dalam LKS kurang menarik dan kurang menuntun siswa untuk menemukan sendiri inti dari materi yang disajikan. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan adanya LKS dengan pendekatan kontekstual sehingga diharapkan siswa lebih mampu memahami materi aritmetika sosial. Tujuan yang ingin dicapai melalui penelitian ini adalah menghasilkan lembar kerja siswa dengan pendekatan kontekstual untuk SMP kelas VII semester 1. Pengembangan LKS aritmetika sosial mengacu pada 4 langkah dari 10 langkah penelitian dan pengembangan menurut Borg dan Gall yaitu penelitian dan pengumpulan data perancangan pengembangan draft produk dan uji coba. Uji coba dilaksanakan di SMPN 1 Gempol dengan subjek uji coba sebanyak 9 orang siswa. Hasil validasi dan uji coba di lapangan menunjukkan respon yang positif. Sehingga LKS yang dihasilkan dapat digunakan di SMP dalam pembelajaran materi aritmetika sosial. Selain itu hasil validasi dan uji coba di lapangan telah memenuhi kriteria kevalidan. Kevalidan LKS yang dikembangkan adalah 3 4 atau masuk dalam kategori sangat valid. Hasil evaluasi subjek uji coba seluruhnya memenuhi SKM yang ditentukan yaitu 75. Karena uji coba yang dilakukan dalam pengembangan masih pada kelompok kecil maka disarankan kepada pengembang yang lain untuk menguji cobakan LKS ini kepada siswa dalam kelompok yang lebih besar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15783

Actions (login required)

View Item View Item