Pengembangan media pembelajaran travel game untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas VII pada materi garis dan sudut / Mei Rina Hadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media pembelajaran travel game untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas VII pada materi garis dan sudut / Mei Rina Hadi

Hadi, Mei Rina (2013) Pengembangan media pembelajaran travel game untuk meningkatkan keterampilan siswa kelas VII pada materi garis dan sudut / Mei Rina Hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata kunci media pembelajaran permainan travel game keterampilan Keterampilan merupakan salah satu obyek matematika yang harus dikuasai siswa. Aspek keterampilan dalam pembelajaran matematika di sekolah biasanya dilatih dengan menggunakan metode drill. Metode drill dinilai praktis dari segi guru namun siswa cenderung merasa bosan dan tidak memaksimalkan kegiatan pembelajaran.Materi garis dan sudut mengandung obyek keterampilan matematika terutama pada kompetensi dasar memahami sifat-sifat sudut yang terbentuk jika dua garis berpotongan atau dua garis sejajar berpotongan dengan garis lain. Pembelajaran melalui permainan merupakan salah satu alternatif metode yang dapat digunakan untuk mengembangkan keterampilan siswasekaligus meningkatkan motivasi siswa pada materi yang dianggap sulit dan berulang-ulang. Dienes mengklasifikasikan permainan yang digunakan untuk melatih keterampilan ke dalam jenis practice game. Travel Game merupakan salah satu permainan menggunakan papan permainan dan kartu-kartu. Permainan yang digunakan secara kelompok ini dapat dikembangkan untuk melatih keterampilan siswa pada materi garis dan sudut. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran travel game untuk mengembangkan keterampilan siswa pada materi garis dan sudut. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE (analysis design development implementation evaluation). Tahap analysis meliputi kegiatan penilaian kebutuhan di lapangan dan studi literatur. Tahap design dilakukan untuk merancang pengembangan media dan merencanakan uji coba. Development merupakan tahap pengembangan atau produksi komponen-komponen media hingga siap untuk dilakukan uji coba. Selanjutnya pada tahap implementation dilaksanakan serangkaian uji coba untuk menilai media yang dikembangkan. Tahap evaluation merupakan tahap akhir dengan kegiatan mengevaluasi hasi uji coba dan melakukan revisi produk berdasarkan hasil analisis uji coba. Uji coba yang dilakukan dalam penelitian ini adalah uji validitas uji efektifitas wawancara untuk memperoleh tanggapan siswa mengenai media. Subyek uji coba penelitian ini adalah pakar pendidikan praktisi (guru) dan12 siswa kelas VII SMPN 10 Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket dan wawancara. Hasil analisis data dari validasi ahli menunjukkan bahwa media travel gameberada pada kriteria valid. Hasil uji efektifitas melalui uji kelompok kecil menunjukkan bahwa media efektif untuk mengembangkan keterampilan siswa. Media pembelajaran travel game dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran untuk mengembangkan keterampilan siswa pada materi garis dan sudut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 27 May 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15770

Actions (login required)

View Item View Item