Menanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN bandung Rejosari I Malang <BR>oleh Nur Saidah - Repositori Universitas Negeri Malang

Menanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN bandung Rejosari I Malang <BR>oleh Nur Saidah

Saidah, Nur (2002) Menanamkan konsep penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah pada siswa kelas II SDN bandung Rejosari I Malang <BR>oleh Nur Saidah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK SaidahN ur 2002. MenanamkanK onsepP enjumlahanD an PenguranganB ilangan Cacah Pada Siswa Kelas II SDN Bandung Rejosari I Malang. Skripsi Jurusan pendidikanM atematika F akultasM atematikad an Ilmu pengetahuanA Iam UniversitasN egeriM alang.P embimbing( I ) Drs. M.Tohir M.pd (ID Drs.H . M. ShohibuKl ahfi. M.Pd. Kata kunci menanamkakno nsepp enjumlahanb ilanganc acah p engurangan bilanganc acah. Pembelajaramn atematikad i sekolahd asarm enurutk urikulump endidikan dasar 1994 diutamakan agar siswa memiliki ketrampilan berhitung. Kegiatan berhitungy angp ertamad iberikan di sekolahd asara dalahp enjumlahand an p ngurangabni langanc acah.P enjurnlahand an penguanganb ilanganc acah merupakand asaru ntuk mempelajario perasip erkalian s ehingggas iswah arusb enarbenarm emahamki onsepp enjumlahand anp engurangabni langanc acahK. enyataan di lapanganm enunjukkanb ahwag uru dalam mengajarkanp enjumlahand an pengurangabnil anganc acahc enderungb ersifatv erbal t anpam enggunakaanl at wraga.B erdasarkahna silo bservasdi ant esa waly angd iberikank epadas iswak elas IIA SDNB andungR ejosariI Malang s ertad ialogd engang uruk elasI IA masih banyaks isway angb elumm emahamki onsepp enjumlahand anp engurangabni langan cacah. Penelitianin i bertujuanu ntukm engetahuci aram enanamkakno nsep penjumlahadna np engurangabni langanc acahp adas iswas DN BandungR ejosarIi Malangy angd ilakukanp adac awuI I tahun2 00112002s u bjekp enelitiana darah siswak elasI IA. Penelitianin i adalahp enelitiank ualitatif y angb erbentukti ndakan kelas dan dilakukan dengan 3 siklus. PTK ini dilaksanakadna lamp embelajaranuntumk enanamkakno nsep penjumlahadna np engurangabni langanc acahy aitu pertamas iswad iarahkanu ntuk memahampi enjumlahanb ilanganc acaht anpat eknik menyimpanl a ngkah-langkah yangd ilakukana dalahs iswad iingatkank embalit entangfa ktad asarp enjumlahadna n konsepn ilai tcmpatd enganm etodet anyaj awab danm enggunakaani atb ant yung seringd ijumpaio leh sisway aitu batang-batanlgid i. Akhirnyas iswad apatm emahami penjumlahabni langanc acaht anpat eknik menyimpanK. eduas iswad iarahkanu ntuk memaham io 19epp enjumlahand engante knik menyimpanl a ngkah-langkayha ng dilakukana dalahs iswad iingatkank embalit entangp enjumlahanta npat eknik menyimpany angd ikaitkand enganfa ktad asarp enjumlahand ank onsepn ilai tempat. selanjutnyas iswad isuruh untuk membuatc ontoh-contohd an memperagakadne ngan alat peragad iagramk antong s ehinggad apatm embantus iswam emahami pengurangabni langanc acahd engante knik menyimpans. iswad iarahkanu ntuk I I pengurangatann pat eknik meminjamy angd ikaitkand engann ilai tempat k emudian siswad isuruhm embuact ontohs oalp engurangadne ngante knik meminjamy ang dikerjakadne nganm enggunakaanl at peragaa bakusP. adaa khimyas iswad apat memahampie ngurangabni langanc acah. Hasilp enelitiany angd ilakukant erhadap4 0 siswam enunjukkans ebagai berikuth asilt esa walp enelitiant entangp enjumlahadna np engurangabni langan cacahh anya3 orangy angr elatif tidak mengalamki esulitanb elajar.S etelahd ilakukan PTKs arnpadi engans iklusI II diperolehh asils ebagabi erikut ( 1) Tindakanp ada siklusI siswal ebih memahammi aterip enjumlahanb ilanganc acaht anpat eknik meminjam (2T)i ndakanp adas iklusI I denganm aterip enjumlahand engante knik siswam emahampi enjumlahand engante knik menyimpand an( 3) Tindakans iklus III hasily angd iperoleha dalahs isrvas udahti dak mengalamki esulitand alam melakukano perasip enguranganb ilanganc acahd an siswad apatm emahami pengurangabnil anganc acah. Berdasarkahna silp enelitiani ni disarankanb ahwak egiatanp embelajaran penjumlahand an penguranganb ilanganc acahg uru hendaknyam enggunakana lat peragab erupab atang-batanlgid i diagramk antongd ana bakus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 17 Sep 2002 04:29
Last Modified: 09 Sep 2002 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15739

Actions (login required)

View Item View Item