Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Negmbul 03 Kabupaten Blitar / Siti Maskiatun Nikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Negmbul 03 Kabupaten Blitar / Siti Maskiatun Nikmah

Nikmah, Siti Maskiatun (2013) Penerapan model pembelajaran Two Stay Two Stray (TSTS) untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA siswa kelas V SDN Negmbul 03 Kabupaten Blitar / Siti Maskiatun Nikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nikmah Siti Maskiatun. 2013. Penerapan Model Pembelajaran TSTS (Two Stay Two Stray) Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Kelas V SDN Ngembul 03 Kabupaten Blitar. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sukamti M. Pd. (II) Drs. Ir. Endro Wahyuno M. Si. Kata Kunci Model TSTS aktivitas belajar hasil belajar 12288 12288 12288 12288 Model TSTS merupakan model pembelajaran kooperatif dimana siswa belajar dalam kelompok kecil yang terdiri dari 4 siswa dan bekerja sama untuk selanjutnya antar kelompok saling mendatanggi 2 siswa menjadi tamu di kelompok lain dan 2 siswa menjadi tuan rumah. Pembelajaran IPA di kelas V pada saat observasi menunjukkan bahwa siswa belum mempunyai rasa tanggung jawab dan keberanian. Meskipun dalam pembelajaran siswa sudah dirangsang dengan melakukan Tanya jawab. Dan hasil belajar siswa terlihat dari hasil UTS yang tuntas 11 siswa dari 24 siswa. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan masalah yang ada peneliti merasa perlu mengadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan model pembelajaran TSTS. Rumusan masalahnya yaitu (1) Bagaimanakah penerapan model pembelajaran TSTS untuk meningkatkan kualitas pembelajaran IPA (2) Apakah penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam mata pelajaran IPA (3) Apakah penerapan model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran IPA . 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 22 April sampai 1 Mei 2013. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus. Setiap siklus terdiri 2 kali pertemuan. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Ngembul 03 Kabupaten Blitar dengan jumah 24 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TSTS mengalami peningkatan. Penerapan model TSTS terhadap aktivitas guru pada siklus 1 memperoleh Skor 83 meningkat pada siklus II dengan skor 100. Aktivitas siswa pada siklus 1 tingkat keberhasilan sebesar 81 67% meningkat pada siklus II menjadi 95 55%. Hasil belajar siswa pada siklus 1 memperoleh rata-rata 75 16% meningkat pada siklus 2 menjadi 81 04%. Berdasarkan hasil aktivitas dan hasil belajar dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran TSTS dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPA khususnya materi sifat-sifat cahaya. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru kelas V supaya menggunakan model TSTS karena dengan menggunakan model TSTS dapat menjadikan siswa aktif dan dapat meningkatkan hasil belajar IPA. Hal ini terlihat dari hasil aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Disamping itu model TSTS juga dapat memotivasi siswa dalam belajar serta siswa dapat berperan aktif selama pembelajaran berlangsung.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Oct 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15587

Actions (login required)

View Item View Item