Meningkatkan aktivitas menulis siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) di kelas VII SMP Lab. UM / Verli Jhoni Cristian - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan aktivitas menulis siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) di kelas VII SMP Lab. UM / Verli Jhoni Cristian

Cristian, Verli Jhoni (2013) Meningkatkan aktivitas menulis siswa dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) di kelas VII SMP Lab. UM / Verli Jhoni Cristian. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Cristian Verli Jhoni. 2012. Meningkatkan aktivitas menulis siswa pada pokok bahasan persamaan linear 1 variabel dengan Menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) di kelas VII SMP Lab UM. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Abd. Qohar MT dan (II) Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata kunci Aktivitas menulis Persamaan linear 1 variabel Think-Talk-Write Menulis memberikan banyak manfaat antara lain mengembangkan kreativitas menanamkan keberanian dan percaya diri dan membantu siswa menuangkan ide pikiran pengalaman perasaan dan cara memandang kehidupan. Melihat banyaknya manfaat yang akan diperoleh siswa dalam pembelajaran menulis seharusnya kegiatan menulis menjadi kegiatan yang diminati siswa. Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan untuk langkah-langkah meningkatkan aktivitas menulis siswa pada pokok bahasan persamaan linear 1 variabel dengan menggunakan pembelajaran Kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) di kelas VII SMP Lab UM. Aktivitas menulis dikatakan meningkat jika memenuhi kriteria aktivitas menulis minimal 15% dari jumlah siswa memiliki Prosentase Keberhasilan paling sedikit 70%. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini dilakukan di SMP Lab UM pada bulan November 2012 dalam 2 tahap yaitu tahap pra tindakan (observasi awal) dan tahap tindakan. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 1 siklus dan terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran koopeartif tipe TTW dapat meningkatkan aktivitas menulis siswa dengan membuat catatan kecil mengenai hal-hal penting dan ide untuk menyelesaikan permasalahan yang ada dalam LKS pada lembar catatan siswa pada tahap think dan menuliskan kesimpulan yang diperoleh dari kegiatan think dan talk dalam bentuk jurnal secara individu pada lembaran jurnal pada tahap write. Pada saat pra tindakan (observasi awal) siswa kelas VII E SMP Lab UM dengan PK aktivitas menulis minimal 70% adalah 7 8% dari jumlah jumlah total siswa kelas VII E SMP Lab UM tetapi setelah dilakukan tindakan yaitu pada pertemuan 1 siswa yang memperoleh PK aktivitas menulis minimal 70% adalah 13 88% dari total siswa kelas VII E SMP Lab UM. Pada pertemuan 2 siswa yang memperoleh PK aktivitas menulis minimal 70% adalah 23 07%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi aktivitas menulis siswa masuk dalam kategori Baik dan hasil observasi aktivitas guru masuk dalam kategori Sangat Baik pada siklus I.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 16 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15576

Actions (login required)

View Item View Item