Analisis kesalahan penyelesaian soal-soal turunan pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 4 Malang / Endar Martiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis kesalahan penyelesaian soal-soal turunan pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 4 Malang / Endar Martiana

Martiana, Endar (2013) Analisis kesalahan penyelesaian soal-soal turunan pada siswa kelas XII IPA 2 SMA Negeri 4 Malang / Endar Martiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Martiana Endar. 2013. Analisis Kesalahan Penyelesaian Soal-soal Turunan pada Siswa Kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Malang. Skripsi Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Edy Bambang Irawan M.Pd (II) Drs. Eddy Budiono M.Pd. Kata Kunci Analisis Kesalahan Turunan Kesalahan Konseptual Kesalahan Prosedural 12288 12288 12288 12288 Turunan merupakan salah satu materi yang diajarkan pada mata pelajaran matematika di SMA yang memiliki banyak manfaat dalam kehidupan sehari-hari. Bagi siswa maanfaat turunan dapat dirasakan baik ketika siswa mempelajari matematika maupun ketika siswa mempelajari materi pada mata pelajaran lainnya. Tidak semua siswa dapat menguasai materi turunan dengan baik. Hal tersebut dapat dilihat dari kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal-soal turunan khususnya materi tentang aplikasi turunan. Ketika siswa belajar tentang matematika di kelas pengetahuan matematika yang diperoleh siswa dapat dibedakan menjadi pengetahuan konseptual dan pengetahuan prosedural. Hal tersebut memungkinkan untuk membedakan kesalahan yang dilakukan oleh siswa ketika menyelesaikan soal-soal matematika menjadi kesalahan konseptual dan kesalahan prosedural. 12288 12288 12288 12288 Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Malang ketika menyelesaikan soal-soal aplikasi turunan. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Malang. Tes tertulis diberikan kepada 28 orang. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian sebanyak 3 butir soal aplikasi turunan. Data yang diperoleh berupa jawaban siswa yang salah kemudian dikelompokkan kedalam kesalahan yang sama. Setelah itu pada setiap soal dipilih dua siswa perwakilan dari masing-masing kelompok untuk diwawancarai. Dari hasil wawancara dapat diketahui jenis kesalahan yang dialami siswa. 12288 12288 12288 12288 Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) kesalahan konseptual yang terjadi antara lain FSR gagal menggunakan petunjuk yang terdapat pada soal mengakibatkan prosedur penyelesaian soal menggambar sketsa grafik yang dituliskan tidak lengkap ADN gagal menghubungkan informasi-informasi yang terdapat pada soal dengan konsep atau prinsip pada turunan untuk menyelesaikan soal menggambar sketsa grafik LR gagal mengidentifikasi dengan lengkap istilah-istilah yang terdapat pada soal dan RH gagal membangun hubungan diantara dua potongan informasi yang telah tersimpan dalam memeori yaitu materi turunan yang telah dipelajari dan gagal membangun hubungan diantara pengetahuan yang telah ada dan informasi baru yang diperoleh dari soal dan (2) kesalahan prosedural yang terjadi antara lain AA dan GDC gagal menuliskan manipulasi ekspresi aljabar ke bentuk ekuivalen yaitu gagal melakukan operasi hitung perkalian dengan benar ADN gagal menyusun dan melaksanakan prosedur penyelesaian soal menggambar sketsa grafik dan RH gagal menyusun langkah-langkah penyelesaian soal nilai maksimum minimum yang runtut. 12288 12288 12288 12288 Berdasarkan hasil penelitian dapat disarankan 1) bagi guru matematika kelas XII IPA 3 SMA Negeri 4 Malang diharapkan agar pembelajaran konsep-konsep dasar pada bab turunan lebih ditekankan lagi sehingga siswa dapat membangun hubungan diantara kosep dasar tersebut untuk menyelesaikan soal atau memecahkan masalah matematika 2) bagi siswa diharapkan agar aktif untuk menguasai konsep-konsep dasar dan menerapkannya ketika menyelesaikan soal-soal aplikasi sehingga penguasaan materi turunan lebih baik dan 3) bagi peneliti lain diharapkan agar melakukan penelitian yang serupa dengan subyek penelitian siswa yang baru saja menyelesaikan kegiatan pembelajaran materi turunan di kelas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 09 Sep 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15575

Actions (login required)

View Item View Item