Pengembangan lembar kerja siswa pada materi relasi dan fungsi dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa kelas VIII semester I / Qomaria Amanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan lembar kerja siswa pada materi relasi dan fungsi dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa kelas VIII semester I / Qomaria Amanah

Amanah, Qomaria (2013) Pengembangan lembar kerja siswa pada materi relasi dan fungsi dengan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) untuk siswa kelas VIII semester I / Qomaria Amanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Lembar Kerja Siswa Relasi dan Fungsi Realistic Mathematics Education (RME). Pendekatan pembelajaran matematika realistik atau yang sering disebut dengan Realistic Mathematics Education (RME) merupakan suatu pendekatan pembelajaran matematika yang menggunakan masalah realistik atau situasi sehari-hari berupa masalah nyata ataupun hal-hal yang mudah dibayangkan oleh siswa sehingga siswa mengkonstruksi atau menemukan kembali konsep matematika. Berdasarkan hasil survei di lapangan sering dijumpai LKS relasi dan fungsi yang lebih menekankan keterampilan prosedural namun kurang menekankan pemahaman konsep. LKS tidak memfasilitasi siswa untuk berpikir kritis dan sistematis sedangkan pengertian maupun rumus-rumus langsung diberikan di awal kegiatan LKS. Sehingga siswa mengerjakan latihan soal langsung menggunakan rumus-rumus yang abstrak tersebut tanpa tahu konsep awalnya. LKS dengan pendekatan RME tentang materi Relasi dan Fungsi untuk siswa SMP Kelas VIII semester I perlu dikembangkan. Tujuan pengembangan ini adalah menghasilkan bahan ajar berupa Lembar Kerja Siswa dengan materi Relasi dan Fungsi dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Berdasarkan hasil penilaian validator pada setiap aspek di lembar validasi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan menunjukkan skor berada pada selang 70% - 84% yang termasuk kriteria valid. Sementara itu hasil uji coba pada kelompok kecil diperoleh kesimpulan bahwa LKS yang dikembangkan menarik dan siswa dapat mengerjakan bagian Cerdas Berpikir dengan nilai yang memenuhi standar ketuntasan minimal yang telah ditentukan. LKS pengembangan ini dapat disimpulkan valid praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: library UM
Date Deposited: 03 Jun 2013 04:29
Last Modified: 09 Sep 2013 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/15558

Actions (login required)

View Item View Item