Jufri, Muhammad (2013) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement divisions (stad) pada materi menghitung luas trapesium dan layang-layang untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama kabupaten Malang / Muhammad Jufri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Kooperatif Student Teams Achievement Divisions(STAD) Prestasi belajar Upaya untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dan menyiapkan siswa agar memiliki hubungan sosial yang sehat akhir-akhir ini banyak dikembangkan melalui pembelajaran kooperatif. Salah satunya adalah Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions(STAD) Sejumlah studi tentang Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions(STAD) ini telah konsisten menemukan bahwa siswa yang belajar dengan cara ini dapat belajar dan mengedapankan materi lebih banyak dari pada siswa yang membuat ringkasannya sendiri atau mereka yang hanya sekedar membaca materi pelajaran itu. Tujuan dari penelitian ini tidak lain untuk meningkatkan prestasi belajar siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama Kademangan Pagelaran Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tahap- tahap penelitian tindakan berupa siklus spiral yang meliputi kegiatan 1) perencanaan 2) pemberian tindakan 3) observasi dan 4) refleksi yang membentuk siklus demi siklus sampai penelitian tuntas sehingga diperoleh data yang dapat dikumpulkan sebagai jawaban dari permasalahan penelitian. Dalam penelitian ini akan dilakukan 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan Prestasi belajar siswa kelas V MI Nahdlatul Ulama Kademangan Pagelaran Kabupaten Malang. Nilai sebelumnya pada materi yang sama dengan nilai rata-rata 6 00. Setelah diterapkan pembelajaran Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions(STAD) terjadi peningkatan pada prestasi belajar dengan nilai rata-rata 75 39 pada siklus I menjadi 82 76 pada siklus II dan ini sudah berada di atas Standar Kelulusan Sekolah yaitu 70. Terdapat peningkatan pada tingkat ketuntasan siswa dari sebelum tindakan ke siklus I kemudian ke siklus II adalah dari 55% menjadi 70 77% kemudian menjadi 81 58% siswa yang tuntas belajar. Hasil ini telah memenuhi persentase ketuntasan belajar siswa di MI Nahdlatul Ulama Kabupaten Malang yang hanya 70%. Diharapkan pada penelitian selanjutnya pembelajaran dapat menggunakan Kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions(STAD) terhadap hasil belajar.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 06 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15548 |
Actions (login required)
View Item |