Kusuma, Umar Wirahadi (2013) Meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui strategi pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya untuk siswa kelas VII-F SMP Negeri 7 Malang / Umar Wirahadi Kusuma. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata kunci Pembelajaran Kooperatif tipe Tutor Sebaya hasil belajar. Pembelajaran secara konvensional yang sering diterapkan oleh guru di sekolah mengakibatkan siswa tampak pasif selama proses pembelajaran berlangsung. Dan hal ini akan berdampak pada hasil belajar siswa yang rendah. Salah Satu metode yang mampu mendorong siswa untuk berperan aktif selama proses pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa adalah pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya. Dalam pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya mengutamakan model kerjasama antara siswa dalam suatu kelompok untuk mencapai tujuan bersama yang akan dibimbing oleh teman sebaya yang berprestasi baik siswa yang pandai mengajari yang lemah dan yang tahu memberi tahu yang belum tahu. Sehingga tercipta pola interaksi tertentu diantara anggota kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan strategi pembelajaran kooperatif tipe tutor sebaya yang dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-F SMP Negeri 7 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 7 Malang pada bulan Oktober sampai dengan November 2012 dalam 2 tahap yaitu pra tindakan dan tahap tindakan. Tahap tindakan dilaksanakan dalam 2 siklus dan masing-masing siklus terdiri dari 3 pertemuan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran matematika yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII-F SMP Negeri 7 Malang adalah diawali adanya presentasi kelas oleh guru pembentukan kelompok secara heterogen setiap kelompok dipimpin oleh tutor sebaya guru mengontrol saat diskusi berlangsung memberi waktu kepada siswa untuk presentasi kelas dan diakhiri dengan membimbing siswa untuk menyimpulkan materi yang dipelajari. Sedangkan peningkatan ketuntasan belajar siswa dari hasil tes siklus I dan hasil tes siklus II sebesar 14 63%. Hal tersebut diperkuat dengan hasil observasi aktivitas siswa masuk dalam kategori Baik dan hasil observasi aktivitas guru masuk dalam kategori Sangat Baik pada siklus I dan II.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 05 Feb 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15544 |
Actions (login required)
View Item |