Patrianto, Utama (2013) Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share untuk memahamkan materi logaritma kelas X SMKN 5 Malang / Utama Patrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kata Kunci Logaritma Think Pair Share Pemahaman siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu guru matematika di SMK Negeri 5 Malang diketahui bahwa pembelajaran yang dilakukan seringkali menggunakan metode ceramah.Seringnya menggunakan metode ceramah dalam kegiatan pembelajaran menyebabkan siswa menjadi bosan hal ini mengakibatkan siswa tidak memperhatikan penjelasan guru dan menyebabkan siswa tidak memahami materi yang dipelajari. Dengan permasalahan tersebut peneliti melakukan penelitiandengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi logaritma. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian tindakan kelas.Tujuan penelitian ini adalah mendiskripsikan langkah-langkah pembelajaran dan pemahaman siswa setelah dilaksanakan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share pada materi logaritma. Data diperoleh dari hasil pengerjaan latihan soal pada lembar kegiatan siswa tes akhir siklus observasi kesalahan pekerjaan siswa hasil observasi kegiatan guru dan siswa dan catatan lapangan. Hasil penelitian menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair sharemenunjukkan bahwa pada siklus I terdapat banyak siswa yang belum memahami logaritma terlihat pada banyaknya kesalahan konsep pada hasil pengerjaan latihan soal pada lembar kegiatan siswa dan tes akhir siklus dan persentase ketuntasan belajar siswa masih rendah yaitu 17 9% dengan rata-rata kelas 49. Pada siklus II diperoleh peningkatan ketuntasan belajar siswa dari siklus I sebanyak 46 4% dengan rata-rata kelas 69 6 dan masih terdapat kesalahan pada pekerjaan siswa. Penyebab belum maksimalnya pembelajaran adalah (1) banyak siswa yang masih bingung cara mengerjakan LKS (2) siswa lambat untuk menyelesaikan LKS dalam pembelajaran sehingga alokasi waktu tidak mencukupi (3) siswa belum terbiasa dengan pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (4) siswa terkadang belum memahami apa yang dimaksud oleh soal (5) siswa belum aktif dalam diskusi kelompok kebanyakan bergurau sendiri dengan kelompoknya.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jan 2013 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2013 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15541 |
Actions (login required)
View Item |