Haikal, Muhammad Hasbi A Haikal (2021) Pengembangan panduan bimbingan kelompok berbasis cooperative learning tipe think pair share untuk meningkatkan kesadaran sosial siswa sma / Muhammad Hasbi A Haikal. Masters thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Kesadaran sosial menjadi salah satu keterampilan penting bagi seorang Siswa SMA dalam membangun hubungan yang harmonis baik sekarang maupun masa depan. Kesadaran sosial dapat ditingkatkan melalui kegiatan yang membangun empati kognisi sosial dan interaksi antar individu. Panduan pelatihan kesadaran sosial diperlukan guna memberikan intervensi yang efektif dalam mengembangkan kesadaran sosial siswa. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan produk yang memenuhi keberterimaan teoritis melalui uji validitas ahli dan keberterimaan empiris melalui uji coba eksperimen. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan model penelitian ADDIE (Analysis Design Developed Implementation Evaluation). Subjek Penelitian dalam mendapatkan keberterimaan teoritis penelitian ini terdiri dari ahli bimbingan dan konseling ahli media dan praktisi bimbingan dan konseling sebagai pihak penilai validitas produk serta siswa peserta uji coba eksperimen untuk mendapatkan keberterimaan empiris. Instrumen penelitian yang digunakan penelitia antara lain form validasi ahli BK form validasi ahli media pembelajaran dan form validasi calon pengguna serta inventori kesadaran sosial sebagai pre-test dan post-test pada kegiatan eksperimen. Teknik analisis pada penelitian ini menggunakan model inter-rater agreement untuk uji keberterimaan dan uji statistic wilcoxon untuk uji coba eksperimen. Pengujian produk melalui prosedur uji validitas ahli yang dilakukan oleh ahli bimbingan dan konseling ahli media pembelajaran dan ahli calon pengguna secara umum menunjukkan indeks keberterimaan sebesar 1 yang berada pada kategori ldquo Sangat Tinggi rdquo . Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk telah mendapatkan keberterimaan teoritis melalui prosedur uji validitas para ahli. Skor kesadaran sosial berdasarkan hasil pre-test dan post test yang menjadi instrumen penilaian eksperimen pada subjek eksperimen menunjukkan rata-rata peningkatan sebesar 25 33 point atau sebesar 17 2 %. Hasil analisis data menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0 028 lt 0 05 yang berarti pelatihan kesadaran sosial berdasarkan panduan pelatihan kesadaran sosial berbasis Cooperative Learning Tipe TPS untuk Siswa SMA efktif untuk meningkatkan kesadaran sosial siswa. Hasil tersebut menunjukkan bahwa produk telah mendapatkan keberterimaan empiris melalui prosedur uji coba eksperimen.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S2 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 30 Sep 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/155245 |
Actions (login required)
View Item |