Vitantri, Ciptianingsari Ayu (2010) Peningkatan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VII melalui penerapan pembelajaran kooperatif dengan tahapan Newman / Ciptianingsari Ayu Vitantri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Vitantri Ciptianingsari Ayu. 2010. Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Siswa Kelas VII melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Tahapan Newman. Skripsi Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. H. Makbul Muksar S.Pd M.Si (II) Dra. Tri Hapsari Utami M.Pd Kata kunci Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Pembelajaran Kooperatif dengan Tahapan Newman Siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang masih mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita matematika. Hal ini diakibatkan siswa tidak terbiasa dalam menyelesaikan soal cerita. Pembelajaran soal cerita akan melatih siswa untuk menyelesaikan masalah secara sistematis dan menghargai pentingnya matematika dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu pembelajaran yang dapat digunakan untuk melatih siswa dalam menyelesaikan soal cerita adalah pembelajaran kooperatif dengan tahapan Newman. Tahapan dalam pembelajaran kooperatif dengan tahapan Newman diadaptasi dari metode Analisis Kesalahan Newman dimana dalam menyelesaikan soal cerita melalui lima tahapan yaitu membaca (reading) memahami (comprehension) metode (transformation) prosedur (process skill) dan penulisan jawaban akhir (encoding). Karena itu dalam penelitian ini akan dikaji pembelajaran dengan menggunakan pembelajaran kooperatif dengan tahapan Newman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah pembelajaran kooperatif dengan tahapan Newman yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa kelas VII. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan di SMP Negeri 4 Malang dan subyek penelitiannya adalah siswa kelas VIIA semester genap tahun ajaran 2009/2010. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari-Maret 2010 dalam 2 tahap yaitu (1) tahap pra tindakan dan (2) tahap tindakan. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kooperatif dengan tahapan Newman dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi himpunan pada siswa kelas VII SMP Negeri 4 Malang dan dapat memacu siswa untuk aktif dalam kegiatan pembelajaran melalui pemberian penghargaan terhadap setiap aktivitas positif yang dilakukan siswa. Hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mencapai nilai SKM (tes tindakan I 75% tes tindakan II 87 5%). Hal tersebut diperkuat dengan peningkatan keterlaksanaan pembelajaran kooperatif dengan tahapan Newman dalam setiap tahapannya serta hasil observasi selama pembelajaran yang berjalan lancar dan interaktif. Adapun langkah-langkah pembelajaran dengan pembelajaran kooperatif dengan tahapan Newman yang dapat meningkatkan kemampuan menyelesaikan soal cerita matematika siswa SMP kelas VII yaitu siswa secara berkelompok (a) mengungkapkan dan menuliskan semua kata kunci yang ada pada soal cerita dalam LKS (reading) (b) menuliskan apa yang diketahui dan ditanyakan dalam soal dengan lengkap (comprehension) (c) menuliskan metode yang digunakan untuk menyelesaikan soal (transformation) (d) menuliskan prosedur dan perhitungan untuk menyelesaikan soal dengan menggunakan fakta konsep atau formula yang sesuai (process skill) (e) menuliskan jawaban soal secara tepat (encoding) (f) membandingkan dan mendiskusikan jawaban.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Matematika dan IPA (FMIPA) > Departemen Matematika (MAT) > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 23 Jun 2010 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2010 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/15259 |
Actions (login required)
View Item |