Mashudi, Irfan Adhe (2019) Optimasi bentuk rangka atap struktur kuda-kuda baja canai dingin / Irfan Adhe Mashudi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Mashudi I A. 2019. Optimasi Bentuk Rangka Atap Struktur Kuda-Kuda Baja Canai Dingin. Skripsi Program Studi S1 Teknik Sipil Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Ir. Edi Santoso M.T (II) Dr. Nindyawati S.T. M.T Kata Kunci Baja Canai Dingin Rangka Atap Kuda-Kuda Bentuk Optimum Pertumbuhan atau kenaikan penduduk di Indonesia yang sangat pesat mengakibatkan bertambahnya jumlah kebutuhan rumah tinggal yang juga semakin meningkat. Saat ini pembangunan seperti apartemen dan perumahan sangat banyak didaerah perkotaan yang diakibatkan karena bertambahnya penduduk atau migrasi dari desa ke perkotaan untuk mengimbangi dari pertumbuhan penduduknya. Rumah - rumah yang dibangun di perumahan pada umumnya banyak yang menggunakan rangka baja ringan sebagai atapnya. Material rangka atap biasanya dari kayu beton baja dan baja ringan masing-masing memilik kelebihan dan kekurangannya. Dalam hal ini material kuda-kuda baja ringan mempunyai banyak kelebihan dibandingkan dengan material yang lainnya dalam penelitian-penelitian yang dilakukan sebelumya. Beberapa tipe rangka untuk baja canai dingin antara lain tipe Howe Pratt Fan Fink Scissors dll. Untuk itu perlu dilakukan optimasi dari bentuk-bentuk rangka kuda-kuda baja ringan untuk mencari bentuk rangka yang optimum aman ekonomis dan efisien Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan bentuk optimum maksimal dari rangka kuda-kuda baja ringan megetahui beban maksimal lendutan maksimal pada konfigurasi rangka angka keamanan dan pola keruntuhan dari rangka kuda-kuda baja ringan akibat beban statis sehingga bisa dijadikan sebagai rujukan untuk diterapkan pada jenis-jenis rangka kuda-kuda baja ringan yang lain. Dari penelitian ini didapatkan hasil berdasarkan pemodelan secara analitis dari beberapa tahap bentuk dari rangka kuda-kuda baja canai yang ditemukan yakni bentuk rangka Fink yang dimodifikasi dengan batang horizontal dengan tipe F1 pada proses modifikasi. Pada tahap selanjutnya yakni proses kombinasi rangka tidak mencapai bentuk yang optimum. Lendutan maksimum pada pemodelan secara analitis yakni sebesar 11.17 mm pada beban 2250 kg. Sedangkan pada pemodelan prototipe lendutan maksimum yang terjadi sebesar 11.33 mm pada beban 1270.99 kg dan didapatkan hasil angka keamanan yang direkomendasikan sebesar 1 4. Untuk pola keruntuhan keruntuhan yang terjadi pada bentang terjadi tekuk torsi dan pada bagian tumpuan terjadi tekuk lentur torsional.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/151463 |
Actions (login required)
View Item |