Aditama, Aditya (2019) Aplikasi sistem informasi geografis untuk analisis rute optimal pemadam kebakaran Kota Malang menuju pabrik rokok Bentoel Malang / Aditya Aditama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Aditama Aditya. 2019. Aplikasi Sistem Informasi Geografis Untuk Analisis Rute Optimal Pemadam Kebakaran Kota Malang Menuju Pabrik Rokok Bentoel Malang. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Titi Rahayuningsih M.Si. (II) Pranoto S.T. M.T. Kata Kunci Aplikasi Sistem Informasi Geografis Pemetaan Rute Optimal Terdapat 3 rute jalan alternatif dari Pos Pemadam Kebakaran Kota Malang menuju Pabrik Rokok Bentoel Karanglo Malang dengan jarak tempuh kepadatan dan kemacetan yang berbeda. Kepadatan dan kemacetan di 3 rute alternatif tersebut menambah derajat kejenuhan mengurangi faktor kenyamanan dan menambah waktu tempuh dari titik berangkat ke titik tujuan. Mobil PMK membutuhkan waktu tempuh tercepat untuk mencapai titik tujuan sehingga kebakaran yang terjadi segera dipadamkan dan tidak sampai menimbulkan kerugian yang lebih banyak. Penelitian bertujuan untuk memberikan informasi mengenai tingkat pelayanan jalan hambatan samping dan waktu tempuh terpendek serta menentukan rute optimal dari pos PMK menuju Pabrik Rokok Bentoel Karanglo Malang melalui rute 1 2 3 menggunakan aplikasi SIG. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pengamatan langsung di lapangan atau survei yang dilakukan pada saat jam puncak yaitu pagi 06.00-08.00 dan sore hari 16.00-18.00. Pemilihan waktu survei ini dikarenakan jam tersebut selalu ramai yang merupakan jam berangkat sekolah dan bekerja pada pagi hari dan jam pulang pada sore hari. Survei dilakukan pada tiap ruas jalan yang dilewati oleh rute 1 2 3. Hasil survei berupa data volume hambatan samping kapasitas derajat kejenuhan kecepatan setempat waktu tempuh tingkat pelayanan jalan. Data hasil survei diinputkan kedalam SIG dianalisis dan dipetakan sehingga mudah dipahami. Berdasarkan Penelitian diperoleh hasil (1) Jalan raya pada Rute 1 memiliki tingkat pelayanan jalan kelas B 33 33% kelas C 11 11% kelas F 55 56% waktu tempuh Rute 1 adalah 15 menit 39 detik dengan jarak tempuh 10023 meter (2) Jalan raya pada Rute 2 memiliki tingkat pelayanan jalan kelas B 44 44% kelas C 33 33% kelas F 22 22% waktu tempuh Rute 2 adalah 15 menit 03 detik dengan jarak tempuh 10223 meter (3) Jalan raya pada Rute 3 memiliki tingkat pelayanan jalan kelas B 36 36% kelas C 45 46% kelas F 18 18% waktu tempuh Rute 3 adalah 14 menit 30 detik dengan jarak tempuh 10423 meter. Kesimpulan dari hasil penelitian yang telah dilakukan meliputi (1) Tingkat pelayanan jalan rata-rata pada Rute 1 adalah F Rute 2 adalah C Rute 3 adalah C (2) Rute 3 merupakan rute paling optimal dimana memiliki waktu tempuh terpendek 14 menit 30 detik walaupun dengan rute terpanjang yaitu 10423 meter.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) |
Divisions: | Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jan 2019 04:29 |
Last Modified: | 15 Dec 2022 01:58 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/151426 |
Actions (login required)
View Item |