Analisis titik kemacetan dari terminal Arjosari ke terminal Gadang berdasarkan trayek angkutan kota AG menggunakan SIG / Fitris Dyah Astiti - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis titik kemacetan dari terminal Arjosari ke terminal Gadang berdasarkan trayek angkutan kota AG menggunakan SIG / Fitris Dyah Astiti

Astiti, Fitris Dyah (2019) Analisis titik kemacetan dari terminal Arjosari ke terminal Gadang berdasarkan trayek angkutan kota AG menggunakan SIG / Fitris Dyah Astiti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Dyah Astiti Fitris. 2019. Analisis Titik Kemacetan dari Terminal Arjosari ke Terminal Gadang Berdasarkan Trayek Angkutan Kota AG Menggunakan SIG. Skripsi Jurusan Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Ir. Titi Rahayuningsih M.Si (II) Pranoto S.T. M.T. Kata Kunci Sistem Informasi Geografis Kemacetan Kinerja Jalan Tundaan MKJI Kota Malang merupakan sebuah kota yang terletak di Provinsi Jawa Timur Indonesia. Kota ini terletak di sebelah selatan Kota Surabaya dan merupakan kota terbesar ke dua di Jawa Timur setelah Kota Surabaya. Perkembangan Kota Malang yang semakin cepat tidak bisa dipisahkan dari permasalahan kota besar pada umumnya yaitu kemacetan. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengetahui kinerja ruas jalan dari terminal Arjosari ke terminal Gadang berdasar trayek angkot AG agar mampu diketahui apakah dari hasil kenerja jalan tersebut menunjukkan kemacetan atau tidak. (2) Mengetahui analisis titik kemacetan di akses jalan dari terminal Arjosari ke terminal Gadang berdasar trayek Angkot AG menggunakan SIG. Rancangan penelitian ini menggunakan metode survei deskriptif. Penelitian dilakukan dengan cara pengamatan langsung pada obyek survei yang dilakukan berupa survei dinamis dan survei statis. Survei dinamis dilakukan di atas angkutan AG untuk mengetahui data kecepatan perjalanan waktu tempuh dan tundaan. Survei statis dilakukan di tepian jalan untuk mengetahui data volume kendaraan geometri jalan dan hambatan samping. Dari hasil analisis diketahui bahwa semua kinerja jalan di jalan Raden Panji Suroso jalan Ahmad Yani jalan Jaksa Agung Suprapto Jalan Pasar Besar Jalan Sersan Harun Jalan Kolonel Sugiono masuk kategori F atau terjadi kemacetan. Faktor-faktor yang sangat berpengaruh pada kinerja jalan adalah volume lalu-lintas hambatan samping kapasitas. Pada semua segmen jalan memiliki volume yang melebihi nilai kapasitas jalan sehingga terjadi kemacetan. Analisis titik kemacetan pada jalan yang menjadi trayek angkutan kota AG dari terminal Arjosari ke terminal Gadang terdapat dua puluh tundaan disebabkan oleh tundaan geometri delapan tundaan disebabkan oleh tundaan lalu-lintas. Faktor yang paling banyak memunculkan kemacetan di sepanjang trayek angkutan kota AG dari terminal Arjosari ke terminal Gadang adalah tundaan geometri berupa U-TURN Overlay Simpang tanpa sinyal dan simpang bersinyal. Interaksi lalu-lintas baik berupa kendaraan parkir dan berhenti kendaraan masuk dan keluar pejalan kaki dan kendaraan lambat hanya berpengaruh besar pada tundaan di segmen jalan tertentu seperti jalan Pasar Besar jalan Sersan Harun dan Pasar Comboran. Tundaan yang besar menyebabkan angkutan kota AG memiliki kecepatan rata-rata pada pagi hari adalah 15 05 km/jam. Kecepatan rata-rata pada siang hari adalah 15 91 km/jam kecepatan rata-rata pada sore hari adalah 16 28 km/jam.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Teknik (FT) > Departemen Teknik Sipil (TS) > S1 Teknik Sipil
Depositing User: library UM
Date Deposited: 10 Jan 2019 04:29
Last Modified: 09 Sep 2019 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/151422

Actions (login required)

View Item View Item