Soepriyanto, Yerry and Slamet, Taufik Ikhsan and Wedi, Agus (2016) Pelatihan pengembangan multimedia pembelajaran di STT STIKMA Internasional Malang. Technical Report. UNIVERSITAS NEGERI MALANG.
Text
PengMas-2016-Yerry-Taufik-Wedi-FIP.pdf Download (5MB) |
Abstract
STT STIKMA Internasional adalah sebuah perguruan tinggi swasta di lingkungan KOPERTIS wilayah VII yang berdiri sejak tahun 1995. Ada lima program studi yang diselenggarakan yaitu S1 Teknik Informatika, S1 Arsitektur, D3 Manajemen Informatika, D3 Multimedia, dan D3 Komputerisasi Akutansi. Dengan tenaga pengajar sejumlah 25 orang yang bestatus NIDN yang tersebar di lima PRODI dengan kualifikasi 8 orang bergelar S1 dan 17 orang bergelar S2. Meskipun demikian belum banyak yang mengikuti pelatihan Applied Approach di dalam pembinaan kariernya, sehingga dalam perkuliahan di kelas secara umum masih menggunakan ceramah, demonstrasi maupun diskusi. Tidak banyak sumber belajar yang dilibatkan dalam proses pembelajaran mahasiswa. Untuk itu diperlukan pelatihan dalam mengembangkan sumber belajar dengan memanfaatkan multimedia dalam pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat menggunakan metode pendekatan sistem yang dimulai dengan identifikasi terhadap kebutuhan, formulasi permasalahan, identifikasi sistem, pemodela sistem, verifikasi model dan implementasi. Tahapan yang dilaksanakan meliputi persiapan, pelaksanaan dan refleksi kegiatan. Pencapaian hasil kegiatan ini adalah meningkatnya pengetahuan dan pemahaman tentang belajar dan pembelajaran dengan memanfaatakan multimedia pembelajaran. Peningkatan pengetahuan dan ketrampilan dalam mengembangkan multimedia pembelajaran
Item Type: | Monograph (Technical Report) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) > LM Media Pembelajaran |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Laporan Karya Ilmiah FIP |
Depositing User: | Library UM |
Date Deposited: | 01 Jul 2022 06:44 |
Last Modified: | 12 Jun 2023 06:56 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/1508 |
Actions (login required)
View Item |