Desianawati, Tika (2019) Pengaruh brand image terhadap purchase intention melalui trust (studi pada konsumen bengkel Jo Motor Bluru Permai Sidoarjo) / Tika Desianawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Desianawati Tika. 2019. Pengaruh Brand Image Terhadap Purchase Intention Melalui Trust (Studi pada Konsumen Bengkel Jo Motor Bluru Permai Sidoarjo). Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Handri Dian Wahyudi S.Pd. S.E. M.Sc Kata kunci brand image trust purchase intention Maraknya bisnis dalam bidang otomotif terutama usaha bengkel motor membuat perusahaan memerlukan strategi yang tepat agar tercipta citra baik dan konsumen memiliki niat untuk menggunakan produk atau jasa di masa mendatang. Penerapan brand image diharapkan dapat meningkatkan trust konsumen pada pihak bengkel yang menimbulkan purchase intention.Tujuan penelitian untuk mengetahui 1)Deskripsi variabel brand image trust dan purchase intention (2)Pengaruh langsung brand image terhadap trust (3)Pengaruh langsung trust terhadap purchase intention (4)Pengaruh langsung brand image terhadap purchase intention dan (5)Pengaruh tidak langsung brand image terhadap purchase intention melalui trust pada konsumen bengkel Jo Motor Bluru Permai. Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantitatif dengan jenis riset deskriptif dan eksplanatori. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner tertutup yang diproses pada uji validitas dan uji reliabilitas dengan hasil valid dan reliabel. Populasi penelitian adalah masyarakat desa Bluru Kidul Sidoarjo yang memiliki kendaraan bermotor serta belum pernah membeli produk maupun menggunakan jasa pada bengkel tersebut. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berdasarkar kriteria (1) Responden merupakan masyarakat yang tinggal di Bluru Kidul Perumahan Bluru Permai Permata Gading Rangkah Lor Pondok Buana (2) Responden merupakan orang yang belum pernah membeli produk ataupun menggunakan jasa bengkel tersebut (3)Responden mengetahui adanya bengkel tersebut (4)Responden memiliki kendaraan bermotor. Perhitungan sampel menggunakan rumus Daniel dan Terrel dengan jumlah 215 responden. Analisa yang digunakan adalah Path Analysis. Uji prasyarat melalui uji normalitas dengan hasil residual berdistribusi normal dan uji liniearitas dengan hasil persamaan jalur liniear. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil analisa deskriptif terhadap brand image trust dan purchase intention termasuk kategori baik di kelas interval. Hasil analisa jalur (path) menunjukkan bahwa (1)Brand image berpengaruh secara langsung terhadap trust (2) Trust berpengaruh secara langsung terhadap purchase intention (3) Brand Image berpengaruh secara langsung terhadap purchase intention dan (4) Brand image berpengaruh secara tidak langsung terhadap purchase intention melalui trust pada konsumen bengkel tersebut. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan peneliti adalah sebaiknya bengkel menambah informasi dan media promosi terkait layanan yang diberikan serta kompetensi. Selain itu meningkatkan citra baik di masyarakat agar konsumen memiliki ketertarikan terhadap bengkel tersebut dan akan menggunakan produk atau jasa tersebut di masa yang datang.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 04 Feb 2019 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2019 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/149744 |
Actions (login required)
View Item |