Mahendra, Ovie Mahendra (2021) pengaruh viral marketing terhadap purchase intention melalui brand image pada calon konsumen kafe eskopiboss london malang (studi pada mahasiswa yang berada di kota malang) / ovie mahendra. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Hasil riset Toffin bersama Majalah Mix menunjukkan jumlah kedai kopi di Indonesia pada Agustus 2019 mencapai lebih dari 2.950 gerai meningkat hampir tiga kali lipat dibandingkan pada 2016 yang hanya sekitar 1.000. Begitu juga di Malang Saat ini usaha kafe di Kota Malang sudah menjamur di seluruh sudut Kota Malang. Selain itu pada setiap kafe di Kota Malang juga memiliki konsep atau tema yang berbeda. Beberapa kafe yang ada di kota Malang seperti Eskopiboss Preston Amstirdam Nakoa Robbuca dan masih banyak kafe yang memiliki konsepan yang berbeda di Kota Malang. Usaha kafe dalam melakukan pengembangan perlu melakukan strategi pemasaran salah satunya yaitu dengan memanfaatkan media sosial yang ada seperti Instagram Youtube Web dan Google dengan cara membuat konten yang menarik konsumen untuk mengunjungi kafe tersebut. Para selebgram yang memiliki banyak follower puluhan hingga ratusan ribu juga ikut mempromosikan kafe Eskopiboss hal tersebut juga berfungsi sebagai electronic word of mouth (e-wom) pada konsumen yang dapat berubah menjadi viral marketing sehingga konsumen akan menimbulkan purchase intention konsumen selain itu juga membentuk brand image di benak konsumen. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah Viral Marketing (Y) dan variabel eksogen adalah Purchase Intention (X) sedangkan untuk variabel mediasi adalah Brand Image (Z). Populasi yang diambil dalam penelitian ini ialah Mahasiswa di Kota Malang dengan sampel yang digunakan sebanyak 200 responden yang dihitung menggunakan rumus Daniel amp Terrel. Kemudian uji kelayakan instrument menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis yang digunakan yaitu analisis statistic deskriptif dan analisis Partial Least Square (PLS) Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention 2) Brand Image berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention 3) Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan Brand Image dan 4) Viral Marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap Purchase Intention melalui Brand Image.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 13 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/149692 |
Actions (login required)
View Item |