analisis swot sebagai dasar penentuan strategi pemasaran pada batik dermo kota kediri / citra alam budi al karim - Repositori Universitas Negeri Malang

analisis swot sebagai dasar penentuan strategi pemasaran pada batik dermo kota kediri / citra alam budi al karim

Karim, Citra Alam Budi Al Karim (2021) analisis swot sebagai dasar penentuan strategi pemasaran pada batik dermo kota kediri / citra alam budi al karim. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

RINGKASAN Al Karim Citra Alam Budi. 2021. Analisis SWOT sebagai Dasar Penentuan Strategi Pemasaran pada Batik Dermo Kota Kediri. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dr. Agus Hermawan GradDipMgt. M.Si Mbus. Kata Kunci Analisis SWOT Strategi Pemasaran Batik Kota Kediri Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kondisi internal dan eksternal Batik Dermo dengan menggunakan pendekatan analisis SWOT. Hasil dari analisis SWOT akan menjadi rumusan alternatif strategi yang dapat diterapkan oleh para pengurus dan pengrajin kelompok usaha Batik Dermo Kota Kediri dalam melakukan pemasaran produk. Adapun fokus penelitian yaitu meliputi kondisi internal eksternal dan evalasi tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh kelompok pengrajin batik Batik Dermo Kota Kediri. Batik Dermo merupakan sebuah usaha jenis mikro yang bergerak dibidang produksi batik tradisional. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian pada kelompok usaha Batik Dermo dikarenakan banyak dari warga Kelurahan dermo yang menjadi pengrajin batik dan memiliki cita ndash cita menjadikan kelurahan Dermo sebagai sentra batik di Kota Kediri. Penelitian ini memakai metode kualitatif deskriptif dengan teknik studi kasus. Data yang didapat peneliti secara langsung dengan wawancara observasi dan dokumentasi. Tahapan riset data yaitu reduksi data penyajian data dan pemberian simpulan. Pengecekan keabsahan data di riset ini memakai metode triangulasi sumber. Dari hasil matrik SWOT menunjukkan strategi pemasaran Batik Dermo adalah strategi SO (strategi agresif) yakni strategi menggunakan kekuatan (strength) yang dimiliki untuk memanfaatkan peluang (opportunity) yang ada. Implementasi strategi tersebut adalah mengembangkan pemasaran online dan berkolaborasi dengan pihak ndash pihak yang dapat mendongkrak kemajuan Batik Dermo. Dan saran untuk Batik Dermo kedepanya adalah memperbaiki sistem administrasi memperjelas visi dan misi memperbaiki sistem regenerasi dan meningatkan kualitas pengurus Batik Dermo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: library UM
Date Deposited: 26 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/149652

Actions (login required)

View Item View Item