Analisis prediksi financial distress perusahaan dengan menggunakan metode springate (s-score) dan pengaruhnya terhadap harga saham (studi pada perusahaan sub sektor rokok yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode tahun 2014-2020) ) - Repositori Universitas Negeri Malang

Analisis prediksi financial distress perusahaan dengan menggunakan metode springate (s-score) dan pengaruhnya terhadap harga saham (studi pada perusahaan sub sektor rokok yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode tahun 2014-2020) )

Nadamazaya, Aghnia Zharfan (2021) Analisis prediksi financial distress perusahaan dengan menggunakan metode springate (s-score) dan pengaruhnya terhadap harga saham (studi pada perusahaan sub sektor rokok yang terdaftar di bursa efek Indonesia periode tahun 2014-2020) ). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Nadamazaya Aghnia Zharfan. 2021. Analisis Prediksi Financial Distress Perusahaan Dengan Menggunakan Metode Springate (S-Score) dan Pengaruhnya terhadap Harga Saham-Studi pada Perusahaan Sub Sektor Rokok yang Terdaftar di BEI Periode Tahun 2014-2020. Skripsi Jurusan Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing Lulu Nurul Istanti SE MM Ak Kata Kunci Harga Saham Financial Distress Metode Springate (S-Score) Berkembangnya pasar modal di Indonesia saat ini mengharuskan para investor dan calon investor untuk mengelola informasi yang tersedia dengan menggunakan berbagai teknik analisis yang ada. Salah satu teknik analisis yang bisa digunakan adalah model prediksi kebangkrutan Springate S-Score yang bisa digunakan untuk memprediksi kemungkinan kebangkrutan guna menghindari penurunan nilai portofolio yang dimiliki oleh para investor. Dalam analisa ini analisis rasio keuangan yang digunakan memiliki cara perhitungan sama dengan rasio profitability leverage dan liquidity. Sehingga para investor dan calon investor yang memanfaatkan rasio-rasio Springate dalam analisisnya diharapkan dapat digunakan untuk pertimbangan dalam memutuskan jual-beli saham. Tujuan penelitian ini pada dasarnya untuk mengetahui (1) kondisi keuangan yang mengalami distress dan non distress dengan menggunakan metode Springate (S-Score) pada perusahaan rokok yang terdaftar di BEI tahun 2014-2020 (2) apakah model Springate berpengaruh terhadap harga saham pada perusahaan rokok yang lterdaftar di BEI tahun tahun 2014-2020. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Perusahaan Sub Sektor Rokok yang terdaftar di BEI selama tahun 2014-2020 dengan sampel yang diperoleh sebanyak 4 perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) dari empat perusahaan yang dijadikan sampel 3 perusahaan berada pada kondisi sehat (GGRM HMSP dan WIIM) sedangkan satu perusahaan mengalam kondisi financial distress (RMBA). (2) Model Springate S-Score tidak berpengaruh secara signifikan terhadap harga saham rokok.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) > Departemen Manajemen (MNJ) > S1 Manajemen
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 27 Aug 2021 04:29
Last Modified: 14 Aug 2023 06:58
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/149646

Actions (login required)

View Item View Item