Hadi, Elia Dwi Anita Hadi (2021) pengembangan media promosi melalui instagram di dinas perpustakaan dan kearsipan kabupaten sidoarjo / elia dwi anita hadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Permasalahan yang ditemukan di dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Sidoarjo adalah keterbatasan masyarakat untuk mengetahui informasi lebih dalam terkait sejarah yang ada di kabupaten Sidoarjo yang dapat diakses tanpa batas ruang dan waktu. Dalam hal ini dinas perpustakaan dan kearsipan Kabupaten Sidoarjo perlu adanya sarana yang dapat menunjang masyarakat untuk memperoleh informasi. Pengembangan media promosi melaluli instagramdiharapkan mampu menjawab persoalan yang ada. Melalui media promosi yang di desain dengan tampilan menarik dilengkapi materi yang diambil dari sumber relevan disertai gambar-gambar diharapkan dapat membantu masyarakat dalam memahami sejarah yang yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) Untuk mengembangkan media promosi digital Instagram Di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo (2) Untuk mengetahui hasil dari media promosi digital Instagram di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sidoarjo. Penelitian dan pengembangan ini menggunakan metode penelitian research and development (R amp D) dengan menggunakan model 4D. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini adalah (1) pendefinisian (Define) (2) perancangan (Design) (3) pengembangan (Development) (4) penyebaran (Dissemination). Hasil penelitian dan pegembangan ini peneliti menyimpulkan bahwa (1) pengembangan media promosi melaluli instagramdengan melakukan identifikasi masalah analisis sesuai dengan kebutuhan masyarakat mengumpulkan materi terkait sejarah yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Selanjutnya tahapan perancangan dengan memilih media yang sesuai menentukan desain tampilan memilih format kemasan dan menyusun konten atau isi. Selanjutnya tahapan pengembangan yang disesuaikan dengan perancangan. Langkah awal yang dilakukan dengan membuat storyboard untuk memudahkan peneliti dalam memvisualisasikan ide/gagasan dan dan menyusun instrumen. Setelah produk berhasil dikembangkan tahapan selanjutnya validasi oleh beberapa ahli yang meliputi praktisi (pustakawan) ahli bidang materi dan kebahasaan dan ahli media promosi dan dilanjutkan pada tahapan penyebaran (Dissemination). (2) Hasil pengembangan produk media promosi digital yang dikemas melalui Instagram memiliki peningkatan pada postingan sejarah yang ada di Kabupaten Sidoarjo memiliki peningkatan. Postingan terkait Lelang Bandeng dan juga Tradisi Nyadran yang pertama kali di upload pada Instagram dengan alamat wartadarjo memiliki like sebanyak 37-39. Pada postingan selanjutnya yakni Museum Mpu Tantular sebanyak 68 like dan pada postingan terakhir Kue Lumpur dan Gelanggang Olahraga Sidoarjo sebanyak 106 ndash 149 like.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 12 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/148342 |
Actions (login required)
View Item |