Isnaini, Ananda Riskiya Nur Isnaini (2021) pengembangan panduan konseling rational-emotive behavior untuk mereduksi nomophobia siswa smk / ananda riskiya nur isnaini. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Belakangan ini beberapa peneliti menemukan tingkat nomophobia pada remaja di Indonesia cukup tinggi. Nomophobia merupakan singkatan dari no-mobile phone phobia yang didefinisikan sebagai rasa takut kehilangan kontak yang dipengaruhi oleh pikiran irasional seseorang yang berarti bahwa jika seseorang tidak dapat mengaksesnya dapat menyebabkan rasa cemas dan frustrasi. Nomophobia menimbulkan dampak negatif berupa dampak fisik psikologis dan sosial individu. Pada konteks ini diperlukan intervensi untuk mereduksi nomophobia agar siswa mampu berkembang secara optimal sehingga penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan panduan konseling REB untuk mereduksi nomophobia yang memenuhi aspek keberterimaan produk dari segi kegunaan kemudahan ketepatan dan kemenarikan. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R amp D) yang dikembangkan oleh Borg and Gall (2003). Peneliti mengadopsi 6 langkah penelitian dalam pengembangan panduan konseling REB untuk mereduksi nomophobia siswa SMKN 3 Malang yang telah disesuaikan dengan situasi dan kondisi di lapangan sebagai berikut (1) Penelitian dan Pengumpulan Data (2) Perencanaan (3) Pengembangan draf Produk (4) Tahap uji ahli amp Revisi produk (5) Tahap uji calon pengguna dan (6) Revisi produk akhir. Data penelitian dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif. Analisis data secara kuantitatif menggunakan teknik analisis inter-rater agreement model dari Gregory (2011) dan analisis data secara deskriptif didapatkan melalui kritik saran masukan serta komentar yang diberikan ahli materi ahli media dan calon pengguna. Hasil akhir dari penilaian subjek uji materi uji media serta uji calon pengguna memberikan indeks validitas sebesar 1 00 yang masuk dalam kategori sangat layak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk buku panduan konseling REB untuk mereduksi nomophobia siswa SMK ini memenuhi unsur keberterimaan dari aspek ketepatan kegunaan kemudahan dan kemenarikan serta layak digunakan sebagai panduan pelaksanaan layanan konseling REB untuk mereduksi nomophobia siswa SMK dengan melakukan beberapa revisi produk akhir berdasarkan penilaian deskriptif yang diberikan para ahli dan calon pengguna. Saran pemanfaatan pada penelitian ini diharapkan guru BK/Konselor dapat mengimplementasikan panduan untuk mengetahui keefektifan konseling REB dalam mereduksi nomophobia siswa. Saran untuk peneliti selanjutnya diharapkan dapat melaksanakan penelitian tindakan agar mengetahui keefektifan dan kebermanfaatan panduan konseling REB untuk mereduksi nomophobia.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 18 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/148200 |
Actions (login required)
View Item |