Lestari, Elis Agustina Lestari (2021) hubungan antara motivasi berprestasi dengan kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran daring di smp negeri 6 malang / elis agustina lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
Motivasi berprestasi adalah keinginan untuk sukses yang berperan penting dalam proses pembelajaran agar tujuan belajar yang telah ditetapkan dapat terlaksana sesuai dengan rencana. Kurangnya motivasi berprestasi yang dimiliki siswa selama mengikuti pembelajaran daring dapat menimbulkan hambatan dalam belajar diantaranya yaitu siswa akan mengalami kejenuhan belajar. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai sarana untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) tingkat motivasi berprestasi siswa di SMP Negeri 6 Malang (2) tingkat kejenuhan belajar dalam pembelajaran daring siswa di SMP Negeri 6 Malang (3) hubungan antara motivasi berprestasi dengan kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran daring di SMP Negeri 6 Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian deskriptif korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Negeri 6 Malang. Pengambilan sampel menggunakan teknik proportional stratified random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 152 orang. Data diperoleh dengan menggunakan skala motivasi berprestasi dan skala kejenuhan belajar. Skala tersebut sudah memenuhi uji validitas dan uji reliabilitas. Data yang terkumpul dianalisis dengan bantuan program Statistical Packages for Social Science (SPSS) version 26 for Windows. Hasil penelitian menginformasikan bahwa (1) tingkat motivasi berprestasi siswa berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 66 4% (2) tingkat kejenuhan belajar siswa berada pada kategori sedang dengan persentase sebesar 87 5% dan (3) terdapat hubungan negatif yang signifikan antara motivasi berprestasi dengan kejenuhan belajar siswa dengan nilai signifikansi hasil uji korelasi sebesar 0 002 yang dapat diartikan bahwa nilai signifikansi lebih kecil dari 0 05 (0 002 lt 0 05) dan nilai korelasi sebesar -0 248. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan saran bagi guru BK/Konselor hendaknya memberikan layanan berupa layanan informasi maupun layanan bimbingan kelompok yang membahas tentang topik-topik motivasi berprestasi agar siswa dapat menumbuhkan motivasi berprestasi. Selain itu guru BK/Konselor diharapkan dapat memaksimalkan pemberian layanan bimbingan pencegahan (preventive) untuk mengurangi terjadinya kejenuhan belajar dalam diri siswa. Bagi peneliti selanjutnya hendaknya mengembangkan suatu panduan atau produk untuk meningkatkan motivasi berprestasi siswa dan mengurangi kejenuhan belajar siswa khususnya dalam proses pembelajaran daring.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Aug 2021 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2021 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/148199 |
Actions (login required)
View Item |