pengembangan buku panduan sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif siswa smp / khilya firdausi - Repositori Universitas Negeri Malang

pengembangan buku panduan sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif siswa smp / khilya firdausi

Firdausi, Khilya Firdausi (2021) pengembangan buku panduan sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif siswa smp / khilya firdausi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Masa remaja merupakan masa saat remaja mengalami perkembangan secara kontekstual. Berdasrkan pada Standar Kemandirian Peserta Didik (SKKPD) perkembangan remaja secara kontekstual ini menuntut remaja untuk memenuhi kebutuhannya. Salahsatu kebutuhan remaja yakni diterima dalam lingkungannya. Fenomena tersebut membuat remaja kurang memiliki perilaku asertif contohnya yakni terjadi pada siswa di SMPN 21 Malang yang masih kurang memiliki perilaku asertif. Dalam upaya meningkatkan perilaku asertif siswa dapat diberikan layanan bimbingan kelompok dengan sosiodrama (bermain peran). Berdasarkan studi literature bimbingan kelompok dengan menggunakan sosiodrama mampu meningkatkan perilaku asertif pada siswa SMP. Penelitian ini bertujuan menghasilkan buku panduan sosiodrama untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMP. Adapun aspek ketercapaian yang digunakan dalam pengembangan yakni (1) mampu menghormati hak diri sendiri dan orang lain (2) berani mengungkapkan pendapat (3) mampu berkata jujur (4) berkomunikasi melihat situasi dan kondisi. Keempat aspek tersebut digunakan unruk mengukur tingkat perilaku asertif pada siswa SMP di SMPN 21 Malang. Metode penelitian pengembangan yang digunakan merujuk pada model Borg dan Gall dengan sepuluh langkah prosedural. Namun peneliti hanya mengguanakan samapai tahap kelime yaitu (1) menetukan masalah (2) perencanaan pengembangan (3) pengembanagan desain produk (4) validasi produk (5) revisi produk awal. Subjek penelitian pengembanagn terdiri atas satu ahli media satu ahli materi dan 2 calon pengguna (konselor). Instrument uji ahli dan calon pengguna menggunakan skala penilaian keberterimaan produk yang didasarkan pada 4 aspek yakni aspek kegunaan aspek kemudahan aspek ketepatan dan aspek kemenarikan. Teknis analisis data yang digunakan untukmengolah data dari ahli materi dan media yakni tekni presentase. Sedangkan teknik inter-rated argreement untuk mengolah data dari 2 calon pengguna (konselor). Data yang diperoleh berupa data numerik dan verbal. Data numerik didapatkan dari akumulasi poin yang telah diberikan oleh ahli dan calon pengguna dan data verbal merupakan data berupa masukan saran serta kritik. Hasil penelitian pengembangan oleh uji ahli materi yakni 73 15% dan skor tersebut menunjukkan intrepretasi produk ldquo layak rdquo . Hasil uji ahli media yakni 93 75% dan skor tersebut menunjukkan intrepretasi produk ldquo sangat layak rdquo . Kemudian hasil uji calon pengguna oleh 2 konselor di SMPN 21 Malang mendapatkan skor kesepakatan indeks 1 00 dan menunjukkan bahwa kedua calon pengguna memiliki kesepakatan sangat tinggi tentang produk buku panduan sosiodrama. Sehingga membuktikan bahwa buku panduan sosiodrama layak digunakan untuk meningkatkan perilaku asertif siswa SMP.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: library UM
Date Deposited: 19 Aug 2021 04:29
Last Modified: 09 Sep 2021 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/148197

Actions (login required)

View Item View Item